ZIEGRUSAK | me n ma world

komunitas blogger, bubarkan saja!

Posted in CATATAN BEBAS by cakpii on Maret 5, 2009

Yang namanya komunitas, entah itu bernama organisasi, perkumpulan, forum ato genk, intinya sama aja, sekumpulan orang yang mempunyai minat/usaha/aliran/visi yang sama. Bahkan genk motor yang banyak dibubarkan oleh polisi karena dianggap merisaukan masyarakat pun saya yakin pada awal didirikannya mempunyai niat yang positif.

Identitas! Ya, ketika kita semua sudah memasuki jaman komunikasi via internet yang tak terbatas dan universal ini. Mungkin itulah kata kunci dan alasan yang pas untuk menjawab kenapa komunitas membanjir seperti tidak mau kalah dengan bengawan solo. Kita berlomba-lomba berkumpul dengan temen yang sama dan berusaha mencitrakan diri berasal dari mana, peduli dengan ini-itu, hobi ini-itu atau bahkan expert di suatu bidang tertentu.

Dulu (sekitar 2 tahun ke belakang) ketika pertama kali saya mengenal peyek dan iseng-iseng ngomongin tentang komunitas blogger gresik, memang sudah ada beberapa komunitas blogger di kota lain meskipun jumlahnya belum banyak. Tapi sekarang? weleh-weleh..luar biasa sekali, hampir tiap kota berebut mendirikan komunitas bloggernya masing-masing. Sampai-sampai bahkan dalam Pesta Blogger pun ada sejenis penghargaan untuk komunitas blogger terbaik! (duhh..saking ndesonya sampai saya ga tau emang kriteria penilainnya apaan ya?) Wahh pokoknya hebring deh..

Saya mungkin termasuk golongan kecil blogger yang sangat jarang mendatangi acara kopdar, pesta blogger atau apapun namanya. Bukan karena saya anti social yang ga suka ngumpul dengan orang lain, tapi saya suka minder sebagai wong kere dan ndeso yang baru kenal internet dan fakir miskin dalam urusan bandwith yang juga suka terbengong-bengong mendengar istilah yang rada aneh. Sekali duakali saya pernah mendatangi acara kumpul-kumpul itu. Mungkin secara umum kita ngelihat asik dan rame ngumpul bareng temen-temen dari komunitas-komunitas yang laen, saling bertukar informasi dan lainnya, guyup lah kalo kata orang jawa. Cuma kok saya ngerasa ada aura negatif di sana. “Adanya persaingan itu wajar” kata seoran temen, “Justru dengan begitu kita saling terpacu untuk maju” katanya melanjutkan, “Argh..opo iyo?!” tanya saya dalam hati. Kalo persaingan itu memacu untuk maju, emang sih tidak peraturan untuk tidak saling menjatuhkan, tapi ya mbok yao sebagai manusia yang berbudaya dan mempunyai norma-norma mestinya kita juga saling menghargai sesama. Tidak manis di depan tapi pait di belakang, kalo ga suka ngomong dong! kan bisa dibicarakan bersama untuk cari jalan tengahnya! Loh kok jadi emosi? Sori ini bukan emosional tapi hanya sekedar mengingatkan diri saya sendiri juga secuil harapan untuk komunitas blogger kota yang saya tinggalkan lebih dari separuh umur ini. Semoga tidak terjebak dalam permainan dan intrik-intrik persaingan yang tidak sehat.

Tapi kalo toh ternyata kita semua udah ga sanggup menjaga jalannya komunitas itu dan daripada nabrak-nabrak ga karuan yang malah merisaukan pihak-pihak lain, mending bubarkan saja komunitasnya! Apa bedanya dengan genk-genk motor liar di jalanan?!

Eh tapi saya juga sering terhibur kalo pas abis kopdar-kopdar gitu. Kok ya kepikiran bikin istilah-istilah bapak blogger lah, blogger selebritis lah, living legend lah.. aya-aya wae eta barudak hehehe…

37 Tanggapan

Subscribe to comments with RSS.

  1. Leah said, on Maret 6, 2009 at 6:43 am

    Jadi ingat pertama kali ikut komunitas blogger di jogja 5 tahun yll. 3 tahun kemudian lahirlah komunitas baru di jogja yang sebagian warganya dari komunitas blogger awal yang memiliki visi dan misi berbeda, mungkin 2 tahun mendatang akan ada komunitas baru lagi yang sebagian warganya dari komunitas sebelumnya memilki visi dan misi berbeda juga. Loh dah kayak partai – partai di indonesia saja yah…

    Seperti itu kah juga nggersik.com? kita tunggu saja..

  2. gajah_pesing said, on Maret 6, 2009 at 7:41 am

    Manis di bibir.. Memutar kata.. Malah kau tuduh akulah segala penyebabnya..
    Lagu itu pas banget dengan kata-kata manis di depan, pait di belakang

  3. ciwir said, on Maret 6, 2009 at 7:41 am

    salam kenal kang…
    ora usah minder, awakdewe kiye podo bae…

  4. MQ Hidayat said, on Maret 6, 2009 at 7:49 am

    waduw.
    satu sisi memang bener adanya. yach, itu semua butuh kedewasaan kita aja bos. itu kalo diinternal komunitas.
    Tapi kalo persaingan antar komunitas, ya bgimana ya? mending gak usah bersaing deh. mang apa yang dipersaingkan sih?
    Aku gak suka bgt kalo sampe ada yg ngelit, sombong, kemlithi dan sok nggatheli.

    Aku jd ingat mojokerto. mudah2an aja disana semua masih ngaku newbie, ben rak onok sombong2an, gaya2an. kabeh mrasa cilik, gak iso dan butuh ilmu.

  5. Andy MSE said, on Maret 6, 2009 at 7:58 am

    arep berkomunitas atau tidak, sing penting njaga paseduluran… bener to kang????

  6. suryaden said, on Maret 6, 2009 at 7:58 am

    mirip baris aja mas bubar jalan…
    sekarang ngeblog itu kan sudah barang biasa mas, gak usah repot-repot minder barang…
    wakakka… semangat ya

  7. Bang Ir said, on Maret 6, 2009 at 12:20 pm

    betul sekali,….blogger ibarat tetangga sebelah….ga perlu dipusingkan….kadang adatnya berlainan…..happy blogging

  8. titiw said, on Maret 6, 2009 at 2:27 pm

    Hee.. saya mah bebas.. nulis mah nulis aja.. kurang lebih 3 tahun saya nulis cuma pernah kopdar 2 kali doang sama yg kenal di blog.. itu jg ga rame2.. gak usah dipusingkan..
    meski begitu kadang saya jg rada gemanaaa gitu.. gak ngerti bahasa2nya.. secara blogger2 itu mayoritas orang Jawa.. mereka pd pake bhs Jawa.. hehe..🙂

  9. agusrest said, on Maret 6, 2009 at 3:39 pm

    dinamika kang….mirip jamur yg tumbuh di musim hujan….mslhnya adalah mampukah jamur itu berakselerasi dan beradaptasi dgn pergantian musim…itu yg lbh penting….konsistensi itu kata kuncinya….konsisten dengan apa yg diperjuangkan…tetap semangat rekk…:mrgreen:

  10. tukang nggunem said, on Maret 6, 2009 at 5:04 pm

    Ojo minder dewean..tak kancani boss… komunitas blogger sih menurut saya sah2 saja, asal membawa ke kebaikan, ojo malah bikin komunitas biar bisa memantabkan eksklusifitas, ora becik sing ngono kuwi…

  11. aRai said, on Maret 6, 2009 at 5:05 pm

    eleuh siah …

    Selamat sore kisanak … hati² amal perbuatan anda di internet bakalan di catet malaikat maya = cache google

  12. Dony Alfan said, on Maret 6, 2009 at 5:16 pm

    Yah, komunitas blogger itu mungkin salah satu wujud keinginan para blogger untuk membentuk sebuah keluarga saja. Agar mereka bisa saling menjaga dan menyayangi😀
    Positif-negatif itu adalah hal lumrah

  13. devry said, on Maret 6, 2009 at 5:29 pm

    Kalo saya mah netral aja, yang penting bisa tetap ngeblog terus… dan terus…😆

  14. ws.dharma said, on Maret 6, 2009 at 5:41 pm

    Dimana kita hidup, berkomunitas, berorganisasi, bahkan ber AGAMA pun kita Beda. Tinggal gimana “KITA BANGUN KEBERASAMAAN DALAM PERBEDAAN” hehee…

    Ma’af Kata ini aku cuplik ketika MUNAS Oi I Di CIBUBUR, Karena Di tempat itu PERBEDAAN Bisa menjadi SATU.

  15. ziegrusak said, on Maret 6, 2009 at 5:57 pm

    [ leah ] semoga nggersik.com ga sampe begitu biarpun bukan tidak mungkin

    [ gajah_pesing ] waduh mas, sampeyan pengarang lagu yo? mellow banget sih hihihi..

    [ ciwir ] sesama orang minder dilarang saling minder

    [ mq hidayat ] lah itu, biasane nda ada yang ngaku sombong, nggateli, kemlinthi. padahal mah…@#%

    [ andy mse ] betul sekali sodara, blogger + brotherhood = bloggerhood hehehe…

    [ suryaden ] ini saya lagi berusaha membiasakan diri

    [ bang ir ] asal jangan karena “rumput tetangga lebih hijau” trus kambing kita digembala di sana hehehehe…

    [ titiw ] wuekeke…sami abdi ge teu pati ngartos basa jawa “pan abdi ge tos lami cicing di tanah priangan” (dengan logat jawa yang kental) (terjemahan. podo ae aku yo ga tapi ngerti boso jowo, wong saya udah lama tinggal di tanah priangan) hehehe…

    [ agusrest ] kaya mau balap aja pake akselerasi hehehe…tambahan satu lagi, juga butuh strategi untuk bisa tetap bertahan

    [ tukang nggunem ] bukannya suatu wadah itu kumpulan dari masing-masing ekslusifitas di bidangnya??

    [ arai ] wahh.. ntar bisa-bisa ntar ada surga dan neraka made in google dung!

    [ dony alfian ] postif-negatif = yin-yang = siang-malam, butuh suatu keseimbangan

    [ devry ] sama kayak golput dung, boleh asal tidak mengajak orang untuk ikutan hihihi…

    [ ws.dharma ] wahh..kayaknya kita juga perlu ke cibubur untuk menyatukan perbedaan nih hehehe….

  16. nggresik said, on Maret 6, 2009 at 6:24 pm

    cak ziegrusak…..eson telat komentar….hehehe
    maklum sek tas teko sawah ngewangi Bapak nandur pari mumpung musim udan
    ….opo hubungane yo…..???
    hubungane yoiku eson yo arek ndeso seng kepingin melu mbangun kuto Gresik ikhlas cek oleh pahala melbu suwargone gusti 4JJI

  17. krupuk said, on Maret 6, 2009 at 6:57 pm

    kate gawe genk motor pisan tah iki?? ntar dibandingin lebih solid dan lebih manfaat mana ama komunitas bloggernya hehehe

  18. goldfriend said, on Maret 6, 2009 at 8:12 pm

    Namanya saja kan “komunitas”, jadi tidak berbentuk badan hukum yang terstruktur atau yang seperti itu. Tempat orang kumpul-kumpul seperti kumpul-ngobrol sama tetangga sebelah rumah.🙂

  19. Anang said, on Maret 6, 2009 at 8:58 pm

    bubarkan

  20. rowlind said, on Maret 6, 2009 at 9:28 pm

    hahaha….ini baru namanya Gresik. Orange kritis walaupun agak bego kayak aq yang sedikit bermasalah dengan tulisan. Buat Gajah Pesing aku setuju karena ku juga Melo gitu…..alias Romantis

  21. ziegrusak said, on Maret 7, 2009 at 7:26 pm

    [nggresik] ojok lali nek mari panen yo syukuran hasil bumi yo..ben tetep lancar jaya hehehe

    [krupuk] waduhh mo bikin genk motor gimana, motorku aja maksimal 60 km/hari gampang ketangkep pak pol dung hehehe…

    [goldfriend] soal terstruktur ato ngga, tergantung kepentingan masing-masing. kalo di sini ngumpul tetangga istilahnya sinoman kampung

    [anang] bubar jalan…

    [rowlind] kritis, bego, bermasalah dengan tulisan..so complicated

  22. griyacommunication said, on Maret 8, 2009 at 9:07 pm

    walah mas hidup kok putus asa, kok senenge bubarkan sebuah kumpulan, kalau kita mengangap diri kita manusia sosial tentu aja kita harus berinteraksi, kecuali kita anggap diri kita manusia sial heheheee….., komunitas di bentuk tuh biar semua pikiran kita bisa di satukan untuk sebuah tujuan dan jgn mimpi semua apa yang kita harapkan akan di terima semua orang kecuali kita tuhan. kalau nggak sepaham ya pergi aja kayak gresik kgk ada manusia aja, kgk usah pakai bubarkan segala, mang anda pemilik saham apa, dan sekarang kita hidup dalam dunia kebebasan dengan adanya kumpulan itu biar sebuah kebebasan ada manfaatnya. bahasa bubarkan tuh bahasa penguasa tiran.” BAIK NURUT KITA BELUM TENTU BAIK NURUT ORANG LAIN DAN BAIK NURUT ORANG LAIN BELUM TENTU BAIK NURUT KITA”

  23. bocahmiring said, on Maret 9, 2009 at 2:47 pm

    wah anang mropokatori:mrgreen:

  24. Rusa Bawean said, on Maret 13, 2009 at 8:15 am

    bubarkan!!!
    dan kembali ke kelas masing-masing😀

  25. kishandono said, on Maret 14, 2009 at 7:11 am

    kalo bubar trus saya makan apa???

  26. mybenjeng said, on Maret 14, 2009 at 12:38 pm

    bubar iku sakmarine numpul-ngumpul, terus mene nyangkruk maneh….
    nek iku aku setuju….🙂

  27. kezedot said, on Maret 19, 2009 at 1:52 pm

    selamat siang
    salam persahabatan
    salam hangat selalu

  28. wahyoe said, on Maret 29, 2009 at 6:10 pm

    bubarkan saja….
    kalo gak bubar ntar di cari sama pak-mbok’e…

  29. Kombes.Com Bookmarking said, on Agustus 5, 2009 at 1:55 pm

    Blog anda OK Banget!. Submit tulisan anda di Kombes.Com Bookmarking, Agar member kami vote tulisan anda. Silakan submit/publish disini : http://bookmarking.kombes.com Semoga bisa lebih mempopulerkan blog/tulisan anda!

    Kami akan sangat berterima kasih jika teman blogger memberikan sedikit review/tulisan tentang Kombes.Com Bookmarking pada blog ini.

    Salam hormat
    http://kombes.Com

  30. Yadi Utama said, on September 19, 2009 at 7:50 pm

    Selamat Idul Fitri 1 Syawal 1430 H. Mohon Maaf Lahir dan Bathin. Dari Komunitas Blogger Universitas Sriwijaya http://blog.unsri.ac.id

  31. Mr-Bands-007 said, on November 3, 2009 at 7:09 am

    kala komunitas blogger banyak wajar wong dunianya sudah lain sing durung ono komunitas angkringan seveners. dab ayo dibangun akringan atau tongkrongan seveners

  32. Kurt (SantriBuntet) said, on Juni 17, 2010 at 5:47 pm

    Istilah2 itu ditunggu tenarnya mas, monggo saya mau ikutan kalau ada komunitas blogger jarang ngeblog…
    rupanya sampean aktif menulis to kang?
    salam min bai’d yo

  33. gbc said, on Juni 24, 2010 at 7:54 pm

    bloggers gresik klo kopdar di cak rie kok ga ada ceweknya ya..hehe

  34. andie said, on Desember 26, 2011 at 2:28 pm

    salam kenal kang😀

    ya yang namanya persaingan kan lumrah, tapi komunikasi menurut ane yang paling penting

    padahal ane mampir mau nanya in komunitas blogger gresik gitu…

    jadi beneran dah vakum ya?

    • cakpii said, on Juli 3, 2012 at 3:42 am

      hai andie, hehehe itu bukan soal persaingan. hanya tulisan (jaman dulu) untuk ngomporin temen-temen aja biar ga anget-anget tai ayam hehehe

  35. Istana Murah said, on Oktober 25, 2013 at 8:54 pm

    waduhh,, menurut ane sekarang udah pada jamannya orang udah cerdas semua gan,, jadi bisa mengambil mana yang harus baik dijalani atau ditinggalkan..😀

  36. Cetakan Kue said, on Mei 4, 2016 at 4:42 pm

    memang kalo ngumpulin banyak kepala itu susah bro apalagi anak muda


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: