ZIEGRUSAK | me n ma world

belajar bikin kita (terasa) tambah bodoh

Posted in CATATAN BEBAS by cakpii on Februari 14, 2009

capek-belajar-dehMungkin sudah sangat sering, bahkan dari kecil kita sudah dicekokin kalimat keramat oleh orang tua kita :

Belajar yang rajin biar tambah/jadi orang pintar

Waahh…tapi nih, tapi ya, yang aku rasain selama ini justru sebaliknya. Maaf bukan mau melawan nasehat orang tua atau para bapak dan ibu guru, aku ngerasa semakin belajar kok semakin terasa betapa bodohnya kita. Yang tadinya kita udah merasa paling (atau minimal sudah) menguasai suatu hal tertentu tiba-tiba begitu kita keluar mengenal dunia, terutama semenjak era informasi (internet) walaahhh ternyata baru sadar bahwa apa yang kita kuasai itu belum seberapa, katak dalam tempurung kalo kata peribahasa sih, jago kandang kalo kata suporter. Semua tiba-tiba menjadi terang (atau malah sebaliknya jadi gelap), ternyata di atas langit masih ada langit dan masih ada lagi langit di atasnya, wuahahaha…

Entah apa yang akan terjadi, yang jelas secara umum ada muncul dua perasaan dalam diri kita. Pertama, kita justru akan jadi semakin terpacu untuk belajar dan mengejar ketertinggalan kita dari orang lain. Atau justru yang kedua, menimbulkan rasa frustasi karena ternyata apa yang kita pelajari selama ini ga ada apa-apanya wadduuhhh…

Ternyata benar kata tetanggaku yang mantan kepala sekolah sd inpres itu, “Orang kalo benar-benar belajar, maka dia seperti orang yang minum air laut yang (karena asin) malah akan bikin semakin haus dan minum lagi, minum lagi dan seterusnya”. Atau seperti kata tetanggaku yang lain, seorang sarjana yang jadi nelayan “Ilmu/pengetahuan itu bagaikan kita memandang panorama lautan luas, tanpa batas”.

Duhh ternyata ga mudah juga ya belajar itu, “Setiap tarikan nafas adalah pembelajaran” teringat kata-kata seorang seniman edan yang pernah aku kenal di bandung. Waahhh…duuhh… doakan saja semoga aku (juga kita semua) bisa mengambil pelajaran dan hikmah dari setiap kejadian, belajar kan ga cuma di kelas bung!!

11 Tanggapan

Subscribe to comments with RSS.

  1. Imam Syatibi said, on Februari 14, 2009 at 8:25 pm

    sepakaaat….:mrgreen:

  2. nggresik said, on Februari 26, 2009 at 5:17 pm

    Ayo cak di ramek no nggersik.com bareng-bareng, opo perlu sekali klik nggersik.com gratis secangkir kopi…dapat di ambil di warunge cak ri ….??? hehehe

  3. Tumes_semuT said, on Februari 28, 2009 at 9:42 pm

    waduh ngilingno ae rek…
    nek kene gak tau belajar jadi lali nek bodoh hehehe

  4. Mike said, on Maret 3, 2009 at 12:12 am

    Just passing by.Btw, you website have great content!

    ______________________________
    Don’t pay for your electricity any longer…
    Instead, the power company will pay YOU!

  5. peyek said, on Maret 5, 2009 at 7:22 pm

    tumben, ada pembelajaran soal hidup disini

  6. dhebu said, on Februari 19, 2010 at 10:28 am

    setujuuuuu…!!
    bahkan qta bsa belajar dari kejadian2 yg kita alami sehari2..
    lam kenal,,numpang baca

  7. Muhammad Miftahul Ulum said, on Juli 28, 2011 at 5:58 am

    Ayo sinau. ^^ !
    salam kenal^^

  8. Istanamurah said, on Januari 2, 2014 at 11:39 am

    sangat setuju sekali ane gan, belajar memang tidak harus di dalam kelas saja, justru belajar yang banyak didapat adalah belajar sendiri dan menemukan permasalahan sertta solusi sendiri,

  9. Imanuel Suluh said, on Januari 31, 2014 at 12:44 pm

    Saat belajar kita sadar semakin banyak hal yang kita tidak tahu. Rasanya semakin ‘bodoh’πŸ™‚ Thanks mas

  10. Istanamurah said, on Februari 24, 2014 at 4:36 pm

    wahhh mungkin karena belajarnya dipaksa kali,, jadi tambah bodoh deh,,πŸ˜€

  11. Istanamurah said, on Februari 24, 2014 at 4:45 pm

    Orang kalo benar-benar belajar, maka dia seperti orang yang minum air laut yang (karena asin) malah akan bikin semakin haus dan minum lagi, minum lagi dan seterusnya


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: