ZIEGRUSAK | me n ma world

fungsi selection lock toggle dan absolute mode transform type-in dalam proses editing model/obyek di 3ds max

Posted in 3ds max by cakpii on Mei 13, 2008

1. fungsi selection lock toggle

Jika kita mempunyai suatu scene 3ds max dengan obyek yang cukup banyak (complex model) atau satu obyek/model dengan face atau polygon yang cukup banyak (high poly model) seringkali kita kesulitan dalam menyeleksi (memilih) satu obyek untuk kita pindah (move), putar (rotate) atau ubah ukuran (scale) atau bahkan dalam editing vertex/edge/border/polygon/element

Tips berikut sebenarnya adalah hanya penggunaan fungsi tools SELECTION LOCK TOGGLE yang sangat membantu dalam proses editing model:

a. Pilih (seleksi) obyek/vertex/edge/border/polygon/element yang akan anda edit

b. Aktifkan tools SELECTION LOCK TOGGLE dengan menekan menu bersimbol gembok yang terletak di bawah timeline pada toolbar bagian bawah (lihat gambar) atau dengan menekan Spacebar

c. Sekarang anda dapat memindahkan (move), memutar (rotate) dan mengubah ukuran (scale) bahkan untuk mengedit vertex/edge/border/polygon/element tanpa perlu khawatir tertukar (seleksi) obyek yang lain

d. Untuk mengganti obyek/vertex/edge/border/polygon/element yang lain, anda harus terlebih dahulu menonaktifkan tools SELECTION LOCK TOGGLE atau dengan menekan Spacebar sekali lagi

2. fungsi absolute mode transform type-in

Dalam kondisi asal/asli (default), ketika kita menyeleksi suatu obyek, kita akan mendapatkan koordinat posisi obyek tersebut berdasarkan posisi pivot (sumbu X, Y, Z-nya) yang terukur berdasarkan titik nol sumbu X, Y, Z suatu viewport.

Tapi sering kali kita sedikit kesulitan (terutama) ketika hendak menggeser obyek tersebut ke suatu arah sumbu X, Y, Z berdasarkan jarak pasti (absolute) sesuai satuan yang kita gunakan.

Fungsi dari tools ABSOLUTE MODE TRANSFORM TYPE-IN mempermudah kita mengatasi hal tersebut karena ketika tools tersebut aktif kita akan mendapatkan koordinat obyek pada posisi nol sehingga kita bisa menggeser obyek berdasarkan jarak yang kita inginkan dengan mengetikkan angka/jarak pergeseran sesuai yang kita inginkan pada sumbu tertentu di kotak-kotak (form) yang berisi angka 0 (nol) berdasarkan satuan yang digunakan.

Catatan :

1. Kedua tools ini juga berfungsi dalam editing vertex/edge/border/polygon/element di Editable Poly, Editable Mesh dan Editable Patch

2. Arah orientasi sumbu (pivot) dalam fungsi tools absolute transform type-in berubah berdasarkan viewport yang sedang aktif

——————————————

mohon maaf sekaligus pemberitahuan kepada temen-temen jikalau mulai sekarang untuk segala macam tutorial, artikel, komentar dan pertanyaan seputar 3D (3ds max, sketchup, dll) dipindahkan ke http://indosketchup.net untuk tutorial sketchup dalam bahasa indonesia sehingga untuk selanjutnya blog ini hanya akan berisi ‘tulisan sampah’ yang mungkin tidak akan sangat menarik bagi anda.

terima kasih dan sekali lagi mohon maaf

ps. sementara ini beberapa artikel 3d masih ada di sini sebelum pada waktunya nanti akan dihapus keseluruhan

6 Tanggapan

Subscribe to comments with RSS.

  1. lovesomatic said, on Mei 19, 2008 at 9:49 pm

    Mampir doank… Ga ‘ngeh…:mrgreen:

  2. EMULTY said, on Mei 21, 2008 at 1:22 am

    Orang HEBAT…

    OM cepat amat dikau dah balik jkt?

  3. ario saja said, on Mei 22, 2008 at 10:40 am

    weih… asyiknya bisa buat gambar 3 D

  4. rem-peyek said, on Mei 22, 2008 at 3:35 pm

    wah.. ra donk!😀

  5. ziegrusak said, on Mei 22, 2008 at 7:06 pm

    @ lovesomatic : gapapa sering-sering aja mampir, dijamin tambah ga ngeh..hehehehe

    @ emulty : iya, maunya sih berlibur lama tp mana bisa, namanya juga kuli hehehehehhe melas amat yaa..

    @ ario saja : yaaa cuma sekedar bisa aja om hehehehe…..

    @ rem-peyek : wuekekekeke….sama aja, aku juga ga donk pake solid work hehehehe

  6. ab69dotcom said, on Juni 18, 2008 at 10:21 pm

    hebat mas..di sekolahku gak ada yang ngajarin ginian lho,,,,salam kenal


Komentar ditutup.

%d blogger menyukai ini: