ZIEGRUSAK | me n ma world

festival kolecer, journey to the past

Posted in CATATAN BEBAS by cakpii on Februari 8, 2008

judul acaranya emang festival kolecer (baling-baling) tapi sebenarnya adalah jauh lebih complicated dari itu, karena acara yang disatuin ama hajat lembur (syukuran desa/seren taun) itu juga banyak menyajikan acara-acara budaya yang laennya.

acara yang digagas oleh komunitas hong yang dikomandoi oleh jae (mohamad zaini alif) ini berlangsung selama 3 hari (1-3 februari 2008) dan berlangsung di kampung bolang, tanjungsiang, subang.

bolang.jpg hong-all.jpg jae.jpg

setelah hampir sepanjang perjalanan dari bandung ke subang diguyur hujan yang cukup deras, keramahan khas penduduk desa menyambut begitu kami -aku, soge dan galih– malam itu memasuki kampung bolang, setelah beristirahat sejenak, kami pun dipaksa untuk malam yang tak terlupakan karena bertemu dengan hhmmm….sambel yang pooolll banget…kebayang dong, abis kehujanan, basah, ketemu nasi + ikan asin + sambel yang hhmm….susah dijelasin deh rasanyaπŸ˜† tidur nyenyak dehh…

besoknya dan besoknya dan besoknya selama tiga hari berturut-turut dari pagi sampe malem, kami disuguhin berbagai macam acara budaya dan permainan-permainan yang sebenarnya tidak begitu asing bagiku karena mungkin hanya nama atau istilahnya saja yang berbeda

kelom_batok.jpg panggah_junior.jpg karinding.jpg tarawangsa.jpg

panggah_senior.jpg tutunggulan.jpg pawai_02.jpg pawai.jpg pawai_obor.jpg
kids_01.jpg kids_02.jpg kids_041.jpg kids_05.jpg

ato kalo mo liat poto yang laen ada di sini

19 Tanggapan

Subscribe to comments with RSS.

  1. mybenjeng said, on Februari 8, 2008 at 1:30 pm

    wah jadi teringat masa kecil neeh…
    gobak sodor, benteng-bentengan, dan lain-lain. kalau di benjeng permainan seperti masih ada kok, walaupun jarang dimainkan. Saya lihat di pelajaran olahraga tingkat SD, permainan tradisional seperti itu sering dipraktekkan juga, tampaknya anak-anak sangat senang dan terhibur dengan permainan-permainan seperti itu.

  2. indrapamungkas said, on Februari 8, 2008 at 5:31 pm

    Mas festivalnya itu festival diadain sesekali aja atau emang agenda tahunan kaya parade bunga di pasadena gitu? heeee, . . btw OOT, caranya masang gambar2 .gof di widget itu gimana caranya?, . πŸ™‚ thx

  3. ziegrusak said, on Februari 8, 2008 at 6:34 pm

    @ mybennjeng : iya sebenarnya jenis dan aturan permainannya ga jauh beda dengan yang ada di jawa, cuma mungkin beda istilah aja…berarti akar budayanya sama kan??!!!

    @ indrapamungkas : acaranya diagendakan setahun sekali dan ini adalah kali pertama diadakan festival kolecer (biasanya sih cuma hajat lembur dan itupun udah lama banget ga diadain)…mudah-mudahan bisa tetep lanjut. info lebih jelas bisa liat di sini. lah masang gambar di widget mah tinggal ngopi URL gambar tesebut ke widget teks, gampang kan..??

  4. Arif Budiman said, on Februari 9, 2008 at 2:26 pm

    >mybenjeng
    Iya mas, jadi rindu masa kecil…πŸ˜₯

    >ziegrusak
    Oleh-olehnya mana???

  5. peyek said, on Februari 11, 2008 at 10:16 pm

    iri sama hasil skrinsut!

    weh.. kapan punya sesuatu buat skrinsut acara-acara budaya di Gresik! Hm.. semoga secepatnya..

  6. ziegrusak said, on Februari 12, 2008 at 5:05 am

    @ arif budiman : oleh-oleh??maen atuh ke sini ntar dikasih oleh-oleh hehehehe…

    @ peyek : ngiri ama apanya?? eventnya ato potonya??? loh..aku kan jarang ada di gresik, jd mestinya tugas temen-temen yang ada di gresik untuk menskrinsutkannya hehehehe…abis klo kebetulan lg pulang ke gresik jarang bareng ama acara budaya sih, ato acaranya aja diundur nungguin aku datang??!! wuakakakakaka….

  7. rumahkayubekas said, on Februari 12, 2008 at 7:13 am

    Wah sayang ngga tau..
    Padahal deket ya?

  8. Mr-Bands-007 said, on Februari 13, 2008 at 8:34 am

    dabbb.. tarawangsa ki mainan tradisi ngendi dab… aku baru krungu

  9. ziegrusak said, on Februari 13, 2008 at 3:39 pm

    @ rumahkayubekas : iya om..deket…apalagi dari gerlong hehehehe… makanya kemaren daku tidak bisa ikutan bebersih di gasibu, pas barengan acaranya dengan kunjungan tamu dari volunteer for health

    mr-bands-007 : tarawangsa bukan mainan bos tapi kesenian, maen musik (kecapi dan sejenis rebab)

  10. Gedang_ngadeG said, on Februari 13, 2008 at 11:05 pm

    mbois rek, foto-fotone, acaranya juga

  11. dirtmatt08 said, on Februari 14, 2008 at 2:30 am

    Foto-Fotonya bagus banget…..Boleh gabung ngaak………….?

  12. ziegrusak said, on Februari 14, 2008 at 2:17 pm

    @ gedang_ngadeg : hayooo-hayooo kapan nih temen-temen di gresik bikin acara yang sejenis??? masa sih yang peduli ama budaya kita malah orang bule-bule, ato nunggu diklaim dulu oleh malaysia biar kita pada nyadar ya?? hehehehhe

    @ dirtmatt08 : gabung apaan kang?? klo pengen tau tentang komunitas hong atau kampung bolang, coba liat di http://kaulinanbudak.multiply.com/ sangat dipersilahkan untuk bergabung….buka pintu lebar-lebar…mangga…

  13. Watuitem said, on Februari 14, 2008 at 7:06 pm

    skrinsut pasar bandeng yo jek suwe, rebo kasan yo gak weruh kapan….Gresik…Gresik…

  14. nurzain said, on Februari 16, 2008 at 9:52 am

    masih ada juga kampung disono yah???…….hehehehe…

  15. Cabe Rawit said, on Februari 21, 2008 at 7:00 am

    Asek.. asek… ane jago nguber layang-layang waktu kecil, ama segala maenan yang berbau terbang seperti kokoleceran..πŸ™‚

    Kalo ane tau, ane pasti uber itu acara..:mrgreen:

  16. ricky said, on Februari 21, 2008 at 7:54 pm

    main gobak sodor sama tap benteng, sama aja olah raga,,,ya buat DIET sekalian deh

  17. agus rest said, on Februari 23, 2008 at 9:48 pm

    hmmm… ngambilnya pake cam apaan cak? klo boleh sharing gt, jd ngiri ama cak peyek yg barusan bli….😦

  18. quelopi said, on Maret 5, 2008 at 10:28 am

    wow kerennnn

    skrinsut nya bagus amat

  19. kang mo "en said, on September 17, 2008 at 1:56 pm

    iraha rek ngayakeun pestipal kolecer????


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: