ZIEGRUSAK | me n ma world

what’s new in autodesk 3ds max 2008 #02

Posted in 3ds max by cakpii on Januari 18, 2008

hhmm…aku sendiri sekarang sedang nyobain produk baru ini

info tambahan, V-Ray 1.5 RC5 bisa digunakan untuk software ini

cuma software ini membutuhkan jenis VGA card yang “lebih” untuk menggunakan fasilitas display shadow in viewport atau kita bisa ngelihat jatuhnya lampu dan bayangan di viewport sebelum kita memutuskan untuk merender (hanya untuk light source bawaan 3ds max)

——————————————

mohon maaf sekaligus pemberitahuan kepada temen-temen jikalau mulai sekarang untuk segala macam tutorial, artikel, komentar dan pertanyaan seputar 3D (3ds max, sketchup, dll) dipindahkan ke http://indosketchup.net untuk tutorial sketchup dalam bahasa indonesia sehingga untuk selanjutnya blog ini hanya akan berisi ‘tulisan sampah’ yang mungkin tidak akan sangat menarik bagi anda.

terima kasih dan sekali lagi mohon maaf

ps. sementara ini beberapa artikel 3d masih ada di sini sebelum pada waktunya nanti akan dihapus keseluruhan

15 Tanggapan

Subscribe to comments with RSS.

  1. mybenjeng said, on Januari 19, 2008 at 12:15 pm

    pertamax…

    absen cak…šŸ™‚

  2. opix said, on Januari 21, 2008 at 10:35 pm

    cak salam kenal ae sesama wong gresik…yo opo kabare??

  3. peyek said, on Januari 23, 2008 at 9:04 am

    woi juragan…

    saya pengen nanya… sebenarnya banyak aplikasi untuk 3D, sperti solidworks, mechanical dekstop, ProEngineer… nah gimana perkembangan Autocad sejauh ini untuk aplikasi 3D? apa masih berbasis vector?

    Kalo dari gambar 2D Autocad, mau ke 3D pake apa?

  4. ziegrusak said, on Januari 23, 2008 at 10:44 am

    @ mybenjeng : loh…absen berati ngga hadir dongg…??? wuekss

    @ opix : salam kenal juga, kabar baek-baek aja. kapan maen ke sini? hehehehehe

    @ peyek : hhmmm… AutoCAD sendiri sebenarnya udah support 3D, apalagi untuk yang seri terbarunya, udah mirip dengan fasilitas yang ada di 3DS Max. kelebihan AutoCAD adalah untuk gambar presisi (terukur), gambar kerja, bahkan pertama kali dirilis sebenarnya ditujukan untuk industri mesin (manufaktur) yang membutuhkan tingkat presisi gambar. klo untuk buka file 2D autoCAD di 3ds max tinggal import aja, kurang tau untuk yang laen.
    kalo untuk software yang laen, solidwork, mechanical desktop, ProEngineer juga cukup bagus, cuma kadangkala mereka (produsen software tersebut) kurang mengembangkan lebih lanjut pada seri-seri berikutnya sehingga pada perkembangannya jarang dipakai secara umum.
    masalah vektor atao ngga, sekarang pun udah aga blur, karena kita juga bisa menghasilkan gambar “berkesan” toon atau kartun dengan software-software 3D yang biasa digunakan untuk menghasilkan gambar yang realistik. atau misalnya sketchup adalah satu contoh software 3D yang sangat terlihat berbasiskan vektor.
    wuihhh….*ngelap keringat* hehehehehe….

  5. peyek said, on Januari 23, 2008 at 2:14 pm

    jadi Autocad sudah full support 3D di versi terbarunya?

    gimana dengan Solidworks? pernah pake? gimana kira-kira prospek kedepan software ini? untuk perkembangannya kedepan artinya akankah bisa survive? seperti Autocad yang sudah melegenda itu?

  6. ziegrusak said, on Januari 24, 2008 at 10:37 am

    @ peyek : lah klo soal support mah udah lama boss…maksudnya untuk fasilitas 3D di versi barunya lebih OK apalagi semenjak autodesk membeli 3ds max jd integrasi 3D di AutoCADnya sendiri lebih OK…tapi aku sendiri jarang menggunakan AutoCAD 3D, lebih oke klo misal kita bikin 2D layout misalnya (sebagai patokan snap) kemudian ‘naikin’ atao ngebentuk di 3ds max atau sekarang pake google sketchup yang jauh lebih mudah….
    ngemeng-ngemeng jadi pemain tridi juga nihhh…???

  7. Musa said, on Februari 16, 2008 at 3:01 pm

    Ijolan blogroll yo mas…
    Gelem ra?

  8. ridwan said, on April 22, 2008 at 9:55 am

    lam kenal mas..perkenalkan saya pemain baru dalam 3d oh ya.. beberapa waktu lalu saya instal 3dmax 2008 tapi yg menjadi pertanyaan adalah tidak adanya pendukung seperti RPC. apa benar 3dmax 2008 tidak memakai RPC seperti seri2 sebelumnya?

    mohon pencerahannya..thanks

  9. ziegrusak said, on April 23, 2008 at 7:29 pm

    @ ridwan : salam kenal juga…RPC untuk max2008 ada kok, kalo ga salah satu paket dalam DVDnya, kalo ga salah lagi nih dalam folder partner ada RPCnya. klo anda pake vray kayaknya mendingan pake vray proxy deh, lebih ringan dalam render vray dari pada pake RPC
    semoga hari-harinya tambah cerah yaaa….hehehehehe

  10. aliyulwafa said, on Mei 4, 2008 at 2:39 pm

    cak spek kompi sing wuenak gawe 3ds max piye?

  11. ziegrusak said, on Mei 5, 2008 at 8:12 pm

    @ aliyulwafa : spek yang enak untuk 3ds max?? hehehehe…sepurane ga bisa jawab karena 3ds max ini software yang aga bandel untuk urusan hardware karena spek gimana juga masih terasa kurang hehehehe….yang ada juga spek minimalnya cak

  12. ivone said, on Juli 7, 2008 at 12:23 pm

    tanya dunk ..
    vray 1.5 bs dipake d 3d max 7 g?
    thnk u.

  13. ivone said, on Juli 7, 2008 at 12:25 pm

    cara load, import material d max 7 gmn si?
    thnk u lg.

  14. tio said, on Juli 24, 2008 at 9:26 am

    mas,kekurangan autocad apaan sich?????
    thanks ya

  15. ziegrusak said, on Juli 29, 2008 at 4:06 pm

    @ ivone : kalo ga salah sih bisa. cara load material di max? waduhh ntar aku posting deh dengan bantuan gambar, soalnya kalo cuma pake tulisan mungkin akan susah dimengerti karena aku juga ga begitu pinter menerangkan dengan kata-kata

    @ peace : kekurangan autocad?? tentang apanya nih? kalo kita bicara 3d render mungkin yang masih kurang adalah fasilitas untuk realistic render. tapi kalo kita bicara untuk gambar kerja atau as built drawing, kayaknya autocad paling top deh


Komentar ditutup.

%d blogger menyukai ini: