ZIEGRUSAK | me n ma world

trik sederhana untuk export dari sketchup ke 3ds max

Posted in sketchup tuts by cakpii on Desember 10, 2007

Sekedar sharing trik (yang biasa saya gunakan) untuk temen-temen yang banyak menggunakan google sketchup untuk pembuatan model 3D kemudian diekspor dan finishing (render) menggunakan 3ds max.

Langkah-langkah yang harus diperhatikan:

  1. Pastikan tidak ada face (polygon) yang bolong/rusak alias semua bentukan model harus solid
  2. Buatlah obyek-obyek berurutan berdasarkan finishing material, kemudian obyek-obyek tersebut kita jadikan group berdasarkan masing-masing material finishing (akan mempermudah kita dalam menerapkan material di 3ds max karena kita tinggal pick material dari salah satu obyek tersebut kemudian kita masukkan material yang kita inginkan maka semua obyek tersebut secara otomatis juga akan ikut berubah)
  3. Perhatikan setting untuk export seperti di bawah
  4. sketchup_export.jpg

Memang cara ini memakan waktu sedikit lebih lama untuk pembuatan modelnya karena kita harus membuatnya berurutan berdasarkan material yang akan kita pakai, namun selama ini saya belum menemukan kesulitan dengan menggunakan cara ini.

Semoga bisa berguna, kalo ada pertanyaan atau temen-temen punya cara lain yang lebih efektif mungkin mau untuk berbagi…???

tutorial sketchup yang laen juga bisa dilihat di sini

tips & trick dari official google sketchup blog

tutorial dari google sketchup

tutorial dari university of liverpool

video tutorial bhs indonesia dari sangguru

——————————————

mohon maaf sekaligus pemberitahuan kepada temen-temen jikalau mulai sekarang untuk segala macam tutorial, artikel, komentar dan pertanyaan seputar 3D (3ds max, sketchup, dll) dipindahkan ke http://indosketchup.net untuk tutorial sketchup dalam bahasa indonesia sehingga untuk selanjutnya blog ini hanya akan berisi ‘tulisan sampah’ yang mungkin tidak akan sangat menarik bagi anda.

terima kasih dan sekali lagi mohon maaf

ps. sementara ini beberapa artikel 3d masih ada di sini sebelum pada waktunya nanti akan dihapus keseluruhan

9 Tanggapan

Subscribe to comments with RSS.

  1. jonathan said, on Desember 14, 2007 at 10:43 am

    thanks bro….ini yang gue butuin..!!

  2. ola said, on Desember 14, 2007 at 10:47 am

    salam kenal….mas itu gambar setting/option exportnya ga keliatan (blur), bisa bikin yang agak jelas ga mas…makasih ya..

  3. jimboy said, on Desember 31, 2007 at 7:39 pm

    allow bang pii kmana aje nih….
    ktemu indocg jg hehehe
    tpi knapa ya kok jim ngk bisa register…?

  4. Angga said, on Januari 22, 2008 at 12:10 pm

    wahh tenkyu bang atas tipsnya!!

  5. Sugiyat Arjoutomo said, on Januari 31, 2008 at 5:47 pm

    dilanjut aja trus… bang pii… aku gak mudeng sebab gak bidang aku…. monggo di lanjut…. cusss. http://www.tiptrikhebat.cjb.net

  6. Erwin said, on Maret 2, 2008 at 9:06 pm

    wah, makanannya sama nih, thank you atas tip dan triknya…. Sukses selalu..!

  7. donnyandrya3d said, on Mei 22, 2008 at 7:43 am

    thx bro… koleksi linknya…

    meski udah jarang pake sketchup tp lumayan buat utak atik lagi…

    btw gw klik command+U di opera ya, pinjem script htmlnya buat edit blog gw … gw dudul bgt klo bongkar2 html soalnya hehehe

    :p

  8. ziegrusak said, on Mei 22, 2008 at 7:33 pm

    aduh sorry komen yang di sini kelewatan jarang aku bales hehhehe…

    @ jonathan : sama2 semoga bermanfaat

    @ ola : hehehe maaf klo aku gedein sekarang telat ya

    @ jimboy : wahhh masa sih ga bisa register??? gitu-gitu doang kan

    @ angga : sama-sama

    @ sugiyat : aku juga ga ngerti ama pembahasan ente hehehehe

    @ erwin : sama-sama pak erwin, sukses juga yaa..

    @ donnyandrya3d : wahh monggo dikopi aja scriptnya, lah wong ini juga theme gratisan kok hehehehe….aku mungkin lebih dodol, ga ngerti opo iku html hehehehe

  9. Wery said, on Agustus 21, 2008 at 3:54 pm

    Bang makasih link nya, bang saya mau tanya nih, bagaimana cara mengekspor file 3d yang udah di buat untuk bisa di edit di adobe illustrator, untuk pencerahannya saya ucapkanterimakasih


Komentar ditutup.

