ZIEGRUSAK | me n ma world

Penerangan interior menggunakan sumber cahaya dari luar (eksterior) – bag.3

Posted in paco morales by cakpii on September 23, 2007

Pembahasan tutorial oleh Paco Morales, Mexico

Versi asli dalam bahasa Inggris http://www.cgarena.com/

Diterjemahkan oleh Rofii

Pengaturan cahaya HDRI

Sekarang kita menggunakan HDRI ke dalam material editor, satu untuk pencahayaan (Lighting) dan satu lagi untuk Environment.

Rendering dan GI

Perhatikan seting render di bawah ini.

Mudah-mudahan tutorial ini bisa bermanfaat

Tutorial courtesy of Paco Morales, Mexico

——————————————

mohon maaf sekaligus pemberitahuan kepada temen-temen jikalau mulai sekarang untuk segala macam tutorial, artikel, komentar dan pertanyaan seputar 3D (3ds max, sketchup, dll) dipindahkan ke http://indosketchup.net untuk tutorial sketchup dalam bahasa indonesia sehingga untuk selanjutnya blog ini hanya akan berisi ‘tulisan sampah’ yang mungkin tidak akan sangat menarik bagi anda.

terima kasih dan sekali lagi mohon maaf

ps. sementara ini beberapa artikel 3d masih ada di sini sebelum pada waktunya nanti akan dihapus keseluruhan

8 Tanggapan

Subscribe to comments with RSS.

  1. peyek said, on September 25, 2007 at 11:06 pm

    Ehm… sopware apaan ya mas?
    maaf nggak pernah menyentuh image editor

  2. ziegrusak said, on September 26, 2007 at 11:03 pm

    hehehehe iya kelupaan nulis klo ini tutorial untuk software 3ds max + vray…sepurane cak…

  3. dini said, on Januari 16, 2008 at 10:00 am

    diny memang stillonely..hehe makasih udah dibaca n nyempetin buat bales.Tapi proyek tutorialnya belum jadi nih. Masih bingung,,,kira kira buat pemula apa yah yang harusnya ditampilin dalam tutorialku?masih awam banget lho…kasih saran yah…makasih

  4. ziegrusak said, on Januari 16, 2008 at 6:54 pm

    @ dini : makasih juga…emang dini mau bikin tutorial tentang apanya? diperjelas dulu, mau bikin bangunannya (model) atau rendering (dengan asunsi udah ada moel bangunannya) atau penggunaan material pada model (ini jg asumsi udah ada modelnya), jadi kalo udah jelas mo bikin apa barangkali nanti aku bisa bantu dikit hehehe…

  5. haris said, on Maret 9, 2008 at 3:24 am

    salam kenal untuk pak roffi saya dengan haris.
    saya mau tanya nih.. gimana sich caranya agar gambar tampak realitisnya ?
    selain 3dsmax, v-ray ada program apa aja ?
    tolong dibantu

  6. sevenfree said, on Maret 13, 2008 at 4:47 pm

    MAYA, SOftimage, C4D, Lightwwave ,,hehehe smuanya bisa realistis kok. cobain

  7. ziegrusak said, on Maret 21, 2008 at 11:22 pm

    @ haris : salam kenal juga pak haris…cara gambar tampak ralistis kalo tergantung dari setting render yang kita pake…mau pake program apapun -sketchup, 3ds max, maya, softimage, c4d, lightwave- ato yang lainnya juga ga masalah…semuanya balik ke itu tadi, settingan render, klo plugin render engine yang populer saat ini ya pake vray, ato bahkan mental ray bawaan standar 3ds max pun udah sangat bagus…kalo menurut saya, daripada kita belajar semua dan malah jadi bingung, mending ditekuni satu ato dua software aja tapi bener-bener kita ‘ulik’, itu sudah lebih dari cukup

    @ sevenfree : yuuppp…semua program di atas bisa realistis, tergantung dari ‘cara maen’ kita hehehehe

  8. reymond said, on Juli 1, 2008 at 12:26 am

    maaf…bos mau nanya donk,saya pemain baru max,td nya pke maya 8.0, gimana cara nge’ render lebih cepat n hasilnya rielistik, dgn Vray, comptr saya core 2 duo,2.33Ghz,Ram 3GB, VGA invidia 8500 gigabyte,tolong donk tips n trik,… maaf menggangu …terima kasih,


Komentar ditutup.

%d blogger menyukai ini: