ZIEGRUSAK | me n ma world

Penerangan interior menggunakan sumber cahaya dari luar (eksterior) – bag.1

Posted in paco morales by cakpii on September 22, 2007

Pembahasan tutorial oleh Paco Morales, Mexico

Versi asli dalam bahasa Inggris http://www.cgarena.com/

Diterjemahkan oleh Rofii

Amatilah!! Dimanapun anda berada, apapun yang anda lakukan, perhatikan sekeliling anda dan coba lihat serta amati suasana atau atmosfer yang terbentuk oleh cahaya.

Ketika itu terjadi pada sebuah scene 3D, pengaturan cahaya bisa menjadikannya terlihat menjadi lebih baik dan realistis ataupun sebaliknya. Banyak dari kita yang tidak cukup mempunyai pengetahuan tentang teknik pencahayaan. Ada tiga poin utama yang menjadi pertimbangan ketika kita mengatur pencahayaan : apakah cahayanya sudah mencukupi? Apakah sumber cahayanya bisa dipercaya? Dan bagaimana pencahayaan akan mempengaruhi suasana yang diciptakan dalam suatu scene?

Dalam tutorial ini, kita akan menerangi sebuah scene dengan satu sumber cahaya dan HDRI. Pembahasannya bertahap dengan menggunakan gambar-gambar untuk lebih menjelaskan tentang langkah-langkahnya.

Pertama-tama, download 3d file di sini dan teksturnya. Jika anda tidak mempunyai salah satu HDRI dari Hyperfocal Design, anda bisa download dari http://www.hyperfocaldesign.com/free-textures/

Langkah 1. Buka model 3d di 3D Studio Max dan aplikasikan teksturnya. Anda bisa mengikuti gambar di bawah ini sebagai referensinya.

Bersambung….

Tutorial courtesy of Paco Morales, Mexico

——————————————

mohon maaf sekaligus pemberitahuan kepada temen-temen jikalau mulai sekarang untuk segala macam tutorial, artikel, komentar dan pertanyaan seputar 3D (3ds max, sketchup, dll) dipindahkan ke http://indosketchup.net untuk tutorial sketchup dalam bahasa indonesia sehingga untuk selanjutnya blog ini hanya akan berisi ‘tulisan sampah’ yang mungkin tidak akan sangat menarik bagi anda.

terima kasih dan sekali lagi mohon maaf

ps. sementara ini beberapa artikel 3d masih ada di sini sebelum pada waktunya nanti akan dihapus keseluruhan

Komentar Dinonaktifkan pada Penerangan interior menggunakan sumber cahaya dari luar (eksterior) – bag.1

%d blogger menyukai ini: