ZIEGRUSAK | me n ma world

Visualisasi Arsitektural dengan HDRI dan Vray – bag. 2

Posted in paco morales by cakpii on Agustus 8, 2007

Oleh Paco Morales, Mexico

Versi asli dalam bahasa Inggris http://www.cgarena.com/

Diterjemahkan oleh Rofii

Pengaturan Direct Light

directlight.jpg
Kita akan membuat/memasang Direct Light dengan seting seperti tampak pada gambar di bawah. Anda bisa meletakkan lampunya seperti yang ada di gambar. Tetapi tentu saja itu tergantung dari selera dan scene anda.

hdri_defaultlight.jpg

viewport_background.jpg light_settings.jpg

Tekan (Alt+B) untuk membuka kotak dialog Vieport Background dan gunakan seting seperti pada gambar. Kemudian atur juga Direct Light seperti pada gambar karena perlu untuk menyesuaikan antara Direct Lightnya dengan posisi matahari dalam gambar HDRInya.

Bayangan

Di bawah ini adalah gambar dengan menggunakan Direct Light yang merupakan sumber cahaya yang kuat tetapi bisa menghasilkan sebuah bayang yang lembut (bias). Pada gambar setingan menunjukkan bahwa nilai yang berbeda pada VRay Shadow akan menghasilkan level ketajaman bayangan yang berbeda pula.

uvw_subdivision.jpg

Pada gambar yang pertama dengan nilai UVW nol (0 dengan 32 subdivisions) menghasilkan bayangan yang tajam tanpa bias. Pada gambar yang kedua, nilai UVW diubah menjadi 1 (1 dengan 32 subdivisions) akan menghasilkan sedikit bias pada batas bayangan, begitu seterusnya sampai dengan nilai 4 dengan subdivisions. Saya sendiri hampir selalu menggunakan nilai 3 dengan 32 subdivisions.

Pencahayaan

Di bawah adalah gambar yang hanya menggunakan HDRI (tanpa direct light) sebagai sumber cahayanya dan akan menghasilkan bayangan yang lembut. Tergantung dari nilai HDRI serta blur atau tidaknya, anda mungkin akan bisa menghasilkan suatu bayangan, dari yang sangat blur sampai bayangan yang cukup tajam. Akan tetapi yang perlu diingat adalah, semakin tinggi nilai HDRInya, maka waktu yang dibutuhkan untuk merender juga lebih lama dan itu akan menghilangkan detail-detailnya.
Penggunaan direct light juga tergantung dari scene dan hasil gambar yang kita inginkan. Misalnya, pada langit yang berawan dimana matahari terletak di belakang awan akan bisa menghasilkan bayangan yang lebih lembut. Kebanyakan HDRI dari hyperfocal mempunyai posisi matahari di pinggir awan sehingga penggunaan direct light untuk dapat menghasilkan suatu bayangan yang tajam tergantung kepada anda, atau mungkin untuk menghasilkan suatu bayangan yang lembut jika posisi matahari terletak di belakang awan.

exposure.jpg

bersambung…

Tutorial courtesy of Paco Morales, Mexico

——————————————

mohon maaf sekaligus pemberitahuan kepada temen-temen jikalau mulai sekarang untuk segala macam tutorial, artikel, komentar dan pertanyaan seputar 3D (3ds max, sketchup, dll) dipindahkan ke http://indosketchup.net untuk tutorial sketchup dalam bahasa indonesia sehingga untuk selanjutnya blog ini hanya akan berisi ‘tulisan sampah’ yang mungkin tidak akan sangat menarik bagi anda.

terima kasih dan sekali lagi mohon maaf

ps. sementara ini beberapa artikel 3d masih ada di sini sebelum pada waktunya nanti akan dihapus keseluruhan

11 Tanggapan

Subscribe to comments with RSS.

  1. wiwa said, on Mei 23, 2008 at 11:02 am

    bagi temen yang on lain di situs ZIEGRUSAK sya pingin info CD plugin v-rey sya ingin memilkinya trim

  2. ziegrusak said, on Mei 25, 2008 at 2:41 pm

    @ wiwa : ini maksudnya CD V-Ray yang original atao yang bajakan??? Vray untuk apa, 3ds max ato skecthup ato maya ato yang laen??? versi berapa???
    kalo yang bajakan mah isinya gitu-gitu aja alias ga jauh beda ama yang kita donlot dari internet (karena emang sumbernya juga sama), jadi kalo anda udah pernah donlot yaaaa….sama aja isinya
    tapi kalo emang ingin koleksi ya silahkan aja hehehehe….

  3. aryariyadi said, on Mei 25, 2008 at 3:28 pm

    tolong don gimana render cepat dengan advanced lighting..?

  4. ziegrusak said, on Mei 30, 2008 at 12:30 am

    @ aryariyadi : advance lighting yg gimana nih?? mau pake mental ray ato light source yg laen. kalo pengen bisa render cepat yaaa….intinya harus sering latihan jadi bisa punya settingan lampu sendiri, atau mungkin pertamanya bisa pake settingan orang laen dulu nanti setelah tahu dan terbiasa ntar juga dapat settingan sendiri…gudlak yaaa

  5. dede said, on Mei 30, 2008 at 3:58 pm

    haloo pa kabar ? gimana n dimana cara dapaetin gambar orang dan pohon di program 3 d max. bagi temen – yang tau tolong inforormasikan ke saya, n trims!

  6. ziegrusak said, on Mei 31, 2008 at 2:47 pm

    @ dede : kabar baek de (hehehehe sok akrab nih) gambar orang dan pohon?? maksudnya yang berupa image?? kalo itu sih perasaan banyak banget deh di internet ato kalo mau pake foto ded sendiri juga bisa kok hehehehe…..

  7. agung - malang said, on Juni 19, 2008 at 4:17 pm

    aku dr dulu pake 3d cad render accurender, maklum generasi tuwir..
    skrg aku blajar 3ds max, tapi gmbr tetap impor dari CAD
    plug in Vray ke 3dsmax nya gimana ya mas,..(pemula, hehe)
    thanks saya sdh donlot vray nya

  8. ziegrusak said, on Juni 19, 2008 at 7:40 pm

    @ agung-malang : waduuhhhh…emang setuwir apakah dikau hehehehe…..
    ga masalah gambar impor dari cad trus render/finishing pake 3ds max kalo emang lebih nyaman dan lebih jago modeling pake 3d cad (ntar aku sekalian bisa belajar dong hehehehe) cuma ada sedikit penyesuaian file dari 3d cad (mis. soal smooth, coba baca help-nya 3ds max)
    vray adalah salah satu plugin render 3ds max yang paling populer dan support (terutama untuk arsitektur) karena kelengkapan fitur/fasilitasnya (mis. camera, material, proxy, GI, dll)
    cara installnya biasa aja mas, abis donlot ya langsung aja install (kalo pake yang bajakan jangan lupa nge-crack si vray-nya)
    have a nice render ya masss…..gudlak

  9. agung-malang said, on Juni 20, 2008 at 10:53 am

    ini sedang install bro, cuman not works, tak utak2 dulu\punyaku 3dsmax 8

  10. yoyo-jakarta said, on Juli 23, 2008 at 11:17 am

    halo k zie.. kompuku pake vista home premium.. bisa diinstall max 2008 gak? mesti yg 32 bit ato 64 bit?

    apa klo install yg 64 bit itu ramnya mesti gede? ramku 2Gb apa cukup? aku pingin tambahin jadi 4Gb. tapi lagi mikir2 apakah perubahannya signifikan? maksudnya tambah kencengnya kliatan gituuu…

    vray buat max2008 yg k zie taroh itu, klo aku download yg free user, cuma active 90 hari aja ya?

    kok klo mo download yg premiun user kudu bayar toh?

    thnx🙂

  11. ziegrusak said, on Juli 29, 2008 at 4:14 pm

    @ agung malang : monggo…silahkan otak-atik dehhh…ditunggu kabar selanjutnya mas

    @ yoyo-jakarta : pake vista ya?? yang laen udah support 64-bit kan? kalo ga salah berarti kudu pake max yg 64-bit tuh. Memory ga harus gede (2 GB juga udah bisa) tapi penambahan memory akan sangat berpengaruh pada kecepatan render, karena memory dan prosesor itu mempengaruhi waktu render
    wahh masa sih cuma 90 hari?? aku juga donlot dari link itu dan sampe sekarang perasaan udah lebih dari ratusan hari tuh…coba lagi kali aja ada yang kelewatan hehehehhe


Komentar ditutup.

%d blogger menyukai ini: