ZIEGRUSAK | me n ma world

Membuat Light Caustics menggunakan Mental Ray di 3D Studio Max

Posted in oman3d.com by cakpii on Agustus 6, 2007

Pembahasan Tutorial oleh Stealth Snake

Versi asli dalam bahasa Inggris http://www.oman3d.com/

Diterjemahkan oleh Rofii

Light Caustics adalah bentukan cahaya di permukaan lantai ketika ada sinar/cahaya melewati suatu obyek kaca, misalnya sebuah gelas kaca. Kita akan mencoba membuat efek ini menggunakan Mental Ray Renderer dan material Mental Ray.

final.gif

Light Caustics terlihat di bawah cangkir kaca

Membuat obyek dalam sebuah scene

Buatlah sebuah Plane di tengah-tengah scene dengan langkah Create>Geometry>Plane. Pada menu Modify, aturlah segmen panjang (Length) dan lebar (Width) menjadi 1 dan sesuaikan ukurannya agar terlihat keseluruhan di viewport Perspective.

01.gif02.gif

Buatlah sebuah cangkir (Teapot) di tengah-tengah layar (obyek Plane) kemudian pada Parameter rollout di menu Modify, atur segmen cangkir tersebut menjadi 15 agar terlihat lebih detail dan untuk mendapatkan permukaan yang halus/lembut.

03.gif04.gif

Membuat material

Pertama kita akan membuat material untuk cangkir. Buka kotak dialog Material Editor, kemudian pada satu slot yang masih kosong, ubahlah material menjadi Glass (Physics Phen) dari kotak dialog Material/Map Browser lalu ganti namanya menjadi teapot glass. Kaca adalah salah satu material yang menimbulkan Light Caustics di kondisi nyata. Kemudian aplikasikan material tersebut ke obyek cangkir.

05.gif

Sekarang kita akan membuat material untuk Plane. Pilihlah sebuah slot kosong lalu ganti namanya menjadi ground dan ubahlah warna diffuse-nya menjadi putih. Kemudian aplikasikan pada obyek plane.

06.jpg

Pengaturan lampu

Gunakan sumber cahaya Skylight dari menu Create>Lights>Object Type. Kemudian tambahkan sebuah lampu Omni untuk menghasilkan efek light caustics pada plane.
Catatan: Posisi Skylight tidak berpengaruh pada efek ini. Sedangkan posisi lampu Omni sangat menentukan ‘jatuhnya’ sinar (efek light caustics) pada alas(plane). Letakkan lampu Omni sesuai dengan harapan anda dimana efek light caustics akan muncul.

07.gif

Aktifkan Shadow dari lampu Omni untuk mendapatkan bayangan dari cangkir di lantai (alas) dengan cara klik tombol On pada General Parameters rollout pada menu Modify.

08.gif

Untuk menghindari cahaya yang berlebihan, kita harus menghilangkan (exclude) iluminasi plane dari lampu omni dengan cara klik Exclude pada pilihan Shadow, kemudian pilih Plane01 dari tabel sebelah kiri dan pindahkan ke sebelah kanan, seperti gambar di bawah.

09.gif

Pengaturan Environment dan Render

Bukalah kotak dialog Environment and Effects dengan cara klik Rendering>Environment atau dengan menekan tombol 8 pada keyboard anda. Pada bagian Environment, ubahlah warna Background menjadi putih dengan cara menekan kotak warna di bawah tulisan Color.

10.jpg

Kemudian buka kotak dialog Render Scene dengan cara tekan menu Rendering>Render atau tekan F10 pada keyboard anda. Pada bagian Indirect Illumination, aktifkan Caustics dengan menekan kotak disamping tulisan Enable pada Caustics and Global Illumniation (GI) rollout.

11.gif

Jika kita render sekarang maka akan keluar peringatan sebab belum ada obyek dalam scene yang menghasilkan caustic. Kita harus mengatur secara manual untuk mendapatkan caustic dari cangkir seperti yang kita harapkan.

12.gif

Pengaturan obyek cangkir (Teapot)

Klik kanan pada obyek cangkir dalam scene kita kemudian buka Properties. Pada bagian Mental Ray aktifkan Generate Caustics dan non aktifkan Receive Caustics seperti gambar di bawah.

13.gif

Mengatur Mental Ray Engine

Pada kotak dialog Render Scene (tekan F10), aktifkan Final Gather dan Global Illumination (GI) untuk menyertakan perhitungan sinar yang mengenai obyek cangkir dan plane pada proses kalkulasi render.

14.gif

Tekan tombol Render dan anda akan melihat hasil caustics yang diharapkan!

final.gif

Tutorial courtesy of http://www.oman3d.com/

You can also alternatively visit the Oman3D Forum

——————————————

mohon maaf sekaligus pemberitahuan kepada temen-temen jikalau mulai sekarang untuk segala macam tutorial, artikel, komentar dan pertanyaan seputar 3D SketchUp dipindahkan ke http://indosketchup.net untuk tutorial sketchup dalam bahasa indonesia sehingga untuk selanjutnya blog ini hanya akan berisi ‘tulisan sampah’ yang mungkin tidak akan sangat menarik bagi anda.

terima kasih dan sekali lagi mohon maaf

ps. sementara ini beberapa artikel 3d masih ada di sini sebelum pada waktunya nanti akan dihapus keseluruhan

8 Tanggapan

Subscribe to comments with RSS.

  1. ulip kecil said, on November 8, 2007 at 2:57 pm

    makaseh tutorial nya yach,..

    😆 sama-sama ulip kecil yang lutu…kecil-kecil udah belajar tutorial, hebatlahhh…🙂

  2. diNi said, on Januari 12, 2008 at 9:42 am

    thanx banget tutorialnya…mbantu bgt bwt bikin tutorial proyek saia yang ditugaskan.

  3. ziegrusak said, on Januari 13, 2008 at 12:30 am

    @ dini : sama-sama dini…bukan aku yang bikin tutorialnya, aku kan cuma terjemahin ke bhs indonesia aja…anyway asik amat dapat proyek tutorial, semoga jadi seneng grafis dan tambah jago 3D😆

  4. mpu said, on Mei 7, 2008 at 7:24 pm

    sekedar tambahan, coba deh pakai material glass dari arch+design kita akan sedikit lebih leluasa mengatur karakter kacanya dari pada pakai material glass physics phenomenon seperti pada contoh dari oman 3d

  5. wiwa said, on Mei 22, 2008 at 4:18 pm

    alhamulillah deh sangat ngebantu tutorial 3d nya jadinya terpecahkan deh sistim pencahayaan yang realistik

  6. ziegrusak said, on Mei 22, 2008 at 7:08 pm

    @ mpu : thanks atas tambahannya, semoga tambah banyak orang indonesia yang lebih jago maen 3D dan mau berbagi hehehehe….

    @ wiwa : syukurlah klo bisa sedikit membantu

  7. adri said, on Agustus 14, 2008 at 8:55 pm

    bung, kalo yang membahas pencahayaan pake v-ray sun ada ga? mana yg lebih relistis anatar v-ray sun ato mental ray?

  8. ziegrusak said, on Agustus 15, 2008 at 1:15 am

    @ adri : sebenarnya ada bung, cuma kebetulan emang belum sempet ane terjemahin semua, ntar deh tunggu tanggal tayangnya.
    mengenai mana yang lebih realistis antara v-ray dengan mental ray sebenarnya tergantung penguasaan kita terhadap render engine tersebut, hasil bisa jadi sama/seimbang. yang beda cuma di populeritas saat ini, v-ray lebih populer karena lebih mudah untuk disetting baik lighting, material ataupun rendernya. tapi bisa jadi suatu saat mental ray bisa lebih unggul


Komentar ditutup.

%d blogger menyukai ini: