ZIEGRUSAK | me n ma world

kopi…

Posted in CATATAN BEBAS by cakpii on Juli 12, 2007

48023.jpg

mmm… gara-gara terkenal seantero jagat (ceileee..!!) sebagai tukang ngopi (peminum kopi, bukan tukang fotokopi loh!!) jadi aja temen-temen yang baru daatang dari bepergian ngasih oleh-oleh ke aku berupa kopi. makanya kalo kebetulan saat-saat ini maen ke tempatku jangan kaget kalo ngeliat banyak banget stok kopiku, dari kopi aceh (gayo dan ule kareng / eh bener ga nulisnya?), kopi lampung, kopi bintang dari palu, ataupun yang produk lokal bandung ada kopi kim, kopi aroma (robusta dan arabika)

hehehe…kok jadi kayak toko aja nih (eh atau emang mending aku buka toko kopi aja ya??)

beruntunglah dulu para kompeni belanda itu mengenalkan tanaman kopi ke indonesia sehingga sampai sekarang indonesia masih dikenal sebagai salah satu negara penghasil kopi terbesar di dunia meskipun sebenarnya banyak hasil panen kopi kita yang ‘tereliminasi’ (mutunya rendah). sebenarnya itu adalah salah satu tugas pemerintah untuk membantu para petani kopi meningkatkan mutu hasil panennya (sama halnya yang terjadi dengan mutu teh dan sebagian besar produk pertanian kita yang mutunya rendah)

ahh… daripada ngomongin pemerintah yang ga akan ada habisnya mending kita ngeliat bagaimana kita sekarang lebih menghargai kopi (yang katanya nih!!) dari luar negeri. seorang temen pernah ngadain survei tentang kopi yang ‘paling laku’ di kafe-kafe, dan ternyata hasilnya adalah cappucino (expresso/latte) berada di urutan no satu sementara kopi lokal yang paling diminati adalah kopi toraja, itupun berada di nomer sekian dari daftar hasil survei tersebut dan kafe yang paling populer dalam survei itu adalah starbuck

padahal..padahal nih, menurut temen yang mengelola sebuaha kafe, menu-menu kopi yang mereka sajikan (termasuk yang menggunakan nama luar) kebanyakan menggunakan bahan baku lokal, jadi bukan kopi ‘luar negeri’ sebagaimana namanya. apakah itu termasuk penipuan atau sekedar teknik dagang?? aku ga mau ngurusin yang gituan, mendingan mikir kalo kita datang ke kafe (untuk ngopi nih), apa sih yang kita cari? rasa?? atau gengsi ‘luar negeri’??

untunglah lidahku lebih menyukai produk lokal dan (emang nih) aku ga cukup punya duit untuk sering nangkring di kafe menikmati kopi ‘luar negeri’ jadi aku cukup menikmati kopi-kopi lokal indonesia aja deh apalagi kalo itu oleh-oleh asli dari daerah…(lebih karena gratis sih hehehe..)

jadi keingetan nih, sekitar taun 1998 – waktu masih kuliah dulu, aku sempat ngadain workshop grafis di kampus dan bayarannya adalah masing-masing peserta cukup bawa kopi…

dasar kopier..!!!

6 Tanggapan

Subscribe to comments with RSS.

  1. Rezza said, on Juli 17, 2007 at 11:14 am

    huhuhuhu, gara2 sekali minum kopi di kostan kang Rofii, gq jadi kecanduan kopi nih………Hayo tanggung jawab…..Sediain persediaan kopi untuk sebulan kedepan

  2. Mr-bands-007 said, on Juli 25, 2007 at 9:42 am

    Hahaha

  3. Redy said, on Juli 25, 2007 at 6:30 pm

    Wah, sayangnya pas kemarin dirimu dolan ke Yogya, malah nggak bawa kopi…. uh, udah ditungguin jeh oleh-oleh kopinya..

    #Rezza, wahaahaha, ternyata dirimu jadi kecanduan kopi toh? Makanya pak bandono kok cuman tertawa aja bales komentarmu…

  4. rofii said, on Juli 25, 2007 at 6:48 pm

    sori kemaren kelupaan bawa kopi aroma hehehe….
    tau tuh rezza, padahal menurut penelitian, minum secangkir kopi hangat (10 menit) setelah diseduh mengandung kalsium senilai 3 butir jeruk

  5. luciustori said, on Juli 27, 2007 at 9:46 am

    wah..lagi tau aku..kopi mengandung kalsium?
    weh..hebat donk..brati ngopi terus aja…
    tapi kalo Kopi Susu? wah… kelebihan kalsium donk aku… hehhe..

  6. nordin said, on Agustus 2, 2007 at 12:59 am

    Kopi… paling sedap espresso double… mantabz….


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: