ZIEGRUSAK | me n ma world

setting dasar untuk scene interior dalam vray for sketchup

Posted in sketchup tuts by cakpii on Juni 2, 2008

Ditulis oleh Corey Rubadue

Versi asli dalam bahasa inggris http://www.asgvis.com/

Diterjemahkan oleh Rofii

Tujuan tutorial ini adalah untuk membantu mengatur setting sebuah scene interior menggunakan V-Ray Rectangular Light dan Physical Camera dalam V-Ray for Sketchup

Setting dasar Render

Global Switches>Gamma 2.2 (Nilai/values yang lain tetap)

 

Camera>Physical Camera enabled>Still Camera>Shutter speed 125>Film Width 36>Zoom 1>F-number 10>Film Speed (ISO) 800>Exposure enabled>Vignetting enabled

 

Environment/Sky>GI enabled 1.4>Texture Editor (klik dua kali pada “m”) Common>Type Sky>Multiplier 1.5 (Nilai/values yang lain tetap)

 

Image Sampler>Adaptive QMC>Min 1 Max 16>Antialiasing enabled>Area 1.5

 

Color Mapping>HSV Exponential>Dark 1 Bright 1

 

Indirect Illumination>GI enabled>Primary engine Irradiance Map Secondary engine Light Cache

 

Irradiance Map>Min -3 Max 0>HSph Subdivs 50>Samples 20 (Nilai/values yang lain tetap)

Untuk test render yang cepat, anda bisa mengurangi HSph Subdivs menjadi 30 dan Max Rate menjadi -2

 

Light Cache>Subdivs 750>Sample Size 0.01>Scale Screen>Num Phases 2 (setara nilai prosessor)

Untuk tes render yang cepat, kurangi nilai Subdivs menjadi 500 dan naikkan Sample Size menjadi 0.02

 

Setting Scene

Gambar 1 menunjukkan sebuah scene interior. Tujuannya adalah untuk merender scene interior tersebut menggunakan VRay Rectangular Light dan VRay Physical Camera. Yang penting untuk diperhatikan adalah VRay mengunakan setting lokasi dan waktu berdasarkan Sketchup Shadow Settings.

Gambar 1: Scene Interior dalam Sketchup

Pada scene interior ini, sebuah VRay Rectangular Light diletakkan langsung di luar jendela (seperti pada gambar 2). Warna dari Rectangular Light adalah biru muda untuk menyesuaikan dengan warna langit. Sedangkan Nilai Multiplier 30, Invisible enabled, No Decay enabled, Ignore Light Normal enabled.

Gambar 2: VRay Rectangular Light

Catatan : Jika anda mengaktifkan “Show Calculation Phase” pada Irradiance Rollout dan Light Cache Rollout, maka anda akan bisa melihat proses kalkulasi dan distribusi cahaya (seperti pada gambar 3 & 4)

Gambar 3: Proses Kalkulasi Light Cache

Gambar 4: Proses Kalkulasi Irradiance Map

Gambar 5: Hasil akhir Render menggunakan Vray for Sketchup

Setting pada Vray for Sketchup dapat disimpan (save) dan digunakan lagi untuk untuk scene yang lain. Buka Render Options toolbar, pilih File>Save, Load atau Restore Default. Secara umum, ada tiga kualitas render dalam setting VRay for Sketchup, yaitu low, medium dan high quality.

Metoda di atas hanyalah salah satu dari sekian banyak cara yang lain. Semakin sering anda mencoba berlatih maka anda akan terlatih dan mendapatkan settingan yang sesuai dengan yang anda inginkan.

——————————————

mohon maaf sekaligus pemberitahuan kepada temen-temen jikalau mulai sekarang untuk segala macam tutorial, artikel, komentar dan pertanyaan seputar 3D (3ds max, sketchup, dll) dipindahkan ke http://indosketchup.net untuk tutorial sketchup dalam bahasa indonesia sehingga untuk selanjutnya blog ini hanya akan berisi ‘tulisan sampah’ yang mungkin tidak akan sangat menarik bagi anda.

terima kasih dan sekali lagi mohon maaf

ps. sementara ini beberapa artikel 3d masih ada di sini sebelum pada waktunya nanti akan dihapus keseluruhan

About these ads

17 Tanggapan

Subscribe to comments with RSS.

  1. mybenjeng said, on Juni 2, 2008 at 4:22 pm

    wah cak rofii, masih aja punya waktu untuk berbagi…
    jadi ngiri, saya bisa berbagi apa ya… :)

  2. peyek said, on Juni 3, 2008 at 10:09 pm

    wah..boleh juga 3d nya
    sesekali ada perbandingan dong dengan solidworks, gimana dari sisi kemudahan 3D nya, apa memang mereka beda platform dalam implementasinya

  3. FuuChan said, on Juni 4, 2008 at 3:30 am

    bagusnya…
    apakah settingan vray sketchup ini bisa di-save? sehingga tidak perlu mengubah2 settingan setiap kali ingin merender? lalu adakah settingan untuk exterior? thanx…

  4. ziegrusak said, on Juni 4, 2008 at 9:58 pm

    @ mybenjeng : wahhh…tentu saja siapapun bisa berbagi dong..bisa berbagi rejeki, bisa berbagi tenaga ato yang paling simpel berbagi doa hehehehe…..tak tunggu bagi-bagi rejekine rek hehehehe……

    @ peyek : kalem juragan, masih belum otak-atik solidwork nih, maklum orang kuper hehehehe….ntar aku coba dulu itu si solidwork oce….

    @ fuuchan : yupp tentu saja bisa disave, kan udah ditulis tuh di paragraf kedua dari akhir hehehe….untuk setting eksterior bentar lagi nyusul deh….tunggu aja tanggal maennya

  5. rumahkayubekas said, on Juni 7, 2008 at 4:57 pm

    masih baru bisa mengagumi. Beli sempat saja belajar vray for sketchupnya

  6. FuuChan said, on Juni 18, 2008 at 9:45 pm

    eh iya ada….kelewatan bacanya,…udah dicoba dan sukses….masih kudu2 coba2 lagi sih…ditunggu nih yg eksteriornya

  7. ziegrusak said, on Juni 19, 2008 at 8:03 pm

    @ rumahkayubekas: waduhhh….maklum lah kalo orang sibuk mah hehehehehe….

    @ fuuchn : sipp…emang harus sering-sering latihan dan mencob sendiri biar tambah lancar dan oke hehehehe….iya ntar yang eksteriornya segera menyusul

  8. Supir Bemo said, on Juli 1, 2008 at 11:14 pm

    Waahh… janten hoyong diajar sketch up yeuh…
    harus jadi must-visit blog nih…

    bookmark dulu aahh….

  9. sayidan said, on Juli 5, 2008 at 12:51 pm

    aku mbok diajari render paki vray nya dong?

  10. Watuitem said, on Juli 9, 2008 at 8:50 am

    waduh aku ketinggalan suweee, sorry baru bisa online lagi. Soale kalo online kan pake jaringan di kantor, lha pas kemarin2 ada semacam block untuk situs2 tertentu termasuk wordpress yang masuk kategori “social networking”. Hari ini gak tau knapa kok coba masuk wordpress eh…ternyata bisa, mungkin pas lagi “padhang atine”. sorry oot, gimana kabare mas ?

  11. Aki Herry said, on Agustus 4, 2008 at 12:45 pm

    Salam Kang…
    He…ntar bentaran lagi mau juga ah nyoba- nyoba v-raynya…
    kapan ke Bandung lagi?

  12. ziegrusak said, on Agustus 4, 2008 at 2:58 pm

    @ supir bemo : punten ah nembeh dibales, hatur nuhun pisan semoga bisa ketemu lagi laen kali hehehehe

    @ sayidan : lah ini kan salah satunya kita belajar pelan-pelan dari tutorial orang

    @ watuitem : kabar baek om, iya nih kita belum pernah ketemu kalo daku kebetulan lagi mudik ke gresik

    @ aki herry : salam juga kang, waduhh jadi beneran nih mau belajar vray?? hehehehe…. iya euy blm tau nih mau maen ke bdg lagi, padahal deket ya kan? hehehehe

  13. erwin4rch said, on Agustus 4, 2008 at 7:02 pm

    Wah wah.. abang Rofii… thx bgt sudah berbagai dengan kita-kita..
    Btw, udah pernah nyoba Podium?
    Thx. Sukses selalu

  14. Loe Tau Khan said, on Agustus 8, 2008 at 2:20 pm

    bagus banget…, berapa lama rendernya….? gw biasanya render cuma pake defaultnya 3ds max.

  15. OMD said, on Agustus 15, 2008 at 4:11 am

    salam kenal neh…ane demen ma renderannya…tapi kira-kira untuk effect kaca bening gimana tuh…ada contoh renderannya ga?trus render maximalnya bisa ampe resolusi berapa?…thx…btw,kalo sempet mamping ke blog kite ya bang…

  16. thedemeet said, on Agustus 16, 2008 at 2:31 pm

    wuahh…bener-bener ilmu yang bermanfaat…..saya berguru disini ya…hehehe…maju terus…pantang mundur…MERDEKA…!!!

    nb: mas tukeran link ya…saya mau pasang neh di blog saya…thanks ya commentnya…

  17. ziegrusak said, on Agustus 19, 2008 at 2:55 am

    @ erwin4rch : kebetulan podium untuk sketchup udah pernah nyobain, emang sih lebih simple secara interfacenya dan kita juga bisa dapat screenshot step renderingnya, tapi kayaknya waktu yang dibutuhkan untuk ngerender tidak se-simpel interfacenya karena untuk scene yang sama (kebetulan aku pernah ngetes speed render antara vray for sketchup dengan podium) membutuhkan waktu yang lebih lama daripada vray for sketchup (dengan setting default)

    @ loe tau khan : lama waktu render untuk software 3d (baik 3ds max atau sketchup atau yang laen) dipengaruhi oleh prossesor dan memory, berhubung pc ane masih kacangan yaa kurang lebih 3 minggu lah..hehehehehe (just kidding) render scanline (default) 3ds max juga ga masalah kalo emang itu udah mencukupi permintaan (informatif), toh tidak selamanya 3d harus dirender photorealistic

    @ omd : salam kenal juga, efek kaca bening yang kayak mana nih?? di artikel sebelah ada tuh yang ngebahas soal kaca..

    @ thedemeet : wah kalo parkir mobil tetep butuh mundur kan?? ga bisa maju terus hehehehe…. oke deh tukeran link


Komentar ditutup.

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: