ZIEGRUSAK | me n ma world

Visualisasi Arsitektural dengan HDRI dan Vray – bag. 1

Posted in paco morales by cakpii on Agustus 8, 2007

Oleh Paco Morales, Mexico

Versi asli dalam bahasa Inggris http://www.cgarena.com/

Diterjemahkan oleh Rofii

header.jpg

Pengantar

Dalam pembahasan kali ini kita akan menggunakan VRay dan HDRI (High Dynamic Range Image) dari Hyperfocal Design sebagai sumber cahaya untuk sebuah scene eksterior arsitektur.

Penggunaan 3DS Max dan cahaya HDRI dengan VRay sebagai mesin render memungkinkan kita untuk mendapatkan hasil yang sangat realistis. HDRI akan kita gunakan untuk menerangi scene yang akan menghasilkan pantulan yang realistik dan terlihat nyata. Dengan sumber cahaya yang biasa (konvensional) juga sebenarnya dapat mencapai hasil yang hampir sama tapi kita membutuhkan waktu yang lebih lama untuk mencoba-coba, padahal waktu adalah uang.

scanline.jpghdri.jpg

Kita akan menggunakan VRay render engine, kemudian menyesuaikan beberapa parameter untuk menghasilkan bayangan sesuai, material, ketajaman, dll. VRay telah membuktikan diri sebagai pemimpin pasar untuk kecepatan, kemudahan dalam penggunaan dan kemampuan pencahayaan yang menarik.

Pertama-tama adalah download file yang dibutuhkan untuk memulai dan mengatur sebuah scene termasuk dengan informasi pencahayaan dan materialnya. Ini adalah pembahasan yang bertahap dengan banyak gambar untuk membantu menghasilkan gambar yang diinginkan. Sebab satu gambar yang mudah dimengerti lebih baik daripada seribu kata! Anda bisa mendownload file 3d di sini

Untuk sumber cahayanya, jika anda tidak memiliki salah satu HDRI dari Hyperfocal, anda bisa mendapatkannya di http://www.hyperfocaldesign.com/free-textures/

Anda bisa menggunakan suatu HDRI untuk sebuah scene, bagaimanapun juga, pada umumnya anda akan mendapati obyek-obyek yang tidak anda butuhkan yang bisa berupa bangunan atau pohon yang tidak sesuai dengan scene. Anda mungkin juga mendapatkan cahaya, warna dan pantulan yang tidak dibutuhkan. Kita akan menggunakan gambar HDR dengan ukuran yang berbeda, satu gambar yang kecil untuk penerangan dan satu lagi yang besar untuk latar belakang dan pantulan.

Catatan: Cobalah beberapa kali sebelum memutuskan menggunakan sebuah HDRI sebagai latar belakang. Tergantung dari scene anda, mungkin anda hanya membutuhkan sedikit pantulan atau mungkin saja anda tidak membutuhkan sebuah HDRI sebagai latar belakang. Dalam pembahasan ini, ubahlah kekuatan cahaya HDRI menjadi 8 bit

Resolusi HDRI untuk latar belakang dan pantulan lebih besar dari pada yang digunakan sebagai sumber cahaya. Sebagai sumber cahaya, kita hanya memerlukan intensitas, warna dan arah cahaya/penerangan dari gambar, sementara untuk pantulan, kita membutuhkan detail yang lebih banyak. Semakin detail gambar yang digunakan, maka gambar yang dihasilkan juga akan terlihat lebih nyata.

Pengaturan Lampu

lighting.jpg

Pertama, non aktifkan Default Lighting pada menu Global Setting dan hapus sumber cahaya (lampu) yang ada dalam scene anda.

Sekarang kita akan menggunakan HDRI ke dalam material editor, satu untuk penerangan, satu untuk pantulan dan satu lagi untuk lingkungan sekelilingnya. Ikuti petunjuk untuk penggunaan HDRI di bawah ini.

settings.jpg

environment.jpg

Saya suka menggunakan latar belakang yang besar karena dengan cara itu kita bisa mengatur sesuai dengan yang kita inginkan tanpa mempengaruhi pantulan dan penerangan.

Dengan kata lain, anda bisa membuat cahaya HDRI keliatan lebih terang atau lebih gelap tanpa mempengaruhi gelap-terang scene anda, ini sangat dibutuhkan karena dengan begitu anda bisa lebih mudah dalam mengatur.

Catatan: Aturlah titik hitam dan putih anda seperti gambar di atas tapi jangan mengapit HDRInya karena menhilangkan penerangan yang dibutuhkan. Mengapit sumber cahaya mungkin saja akan bisa menghilangkan bintik putih dalam render terakhir, bagaimanapun juga lebih baik anda mengatur ukurannya lagi atau mencoba menyamarkan (blur) HDRInya. Anda perlu mengatur tingkat RGB untuk mencari level titik putih yang diinginkan.

bersambung…

Tutorial courtesy of Paco Morales, Mexico

——————————————

mohon maaf sekaligus pemberitahuan kepada temen-temen jikalau mulai sekarang untuk segala macam tutorial, artikel, komentar dan pertanyaan seputar 3D SketchUp dipindahkan ke http://indosketchup.com untuk tutorial sketchup dalam bahasa indonesia sehingga untuk selanjutnya blog ini hanya akan berisi ‘tulisan sampah’ yang mungkin tidak akan sangat menarik bagi anda.

terima kasih dan sekali lagi mohon maaf

ps. sementara ini beberapa artikel 3d masih ada di sini sebelum pada waktunya nanti akan dihapus keseluruhan

52 Tanggapan

Subscribe to comments with RSS.

  1. Jonathan said, on Januari 30, 2008 at 8:06 am

    di situs mana saya bisa mendapatkan vray gratis tanpa trial?

  2. ziegrusak said, on Januari 30, 2008 at 10:48 pm

    hmmm…VRay untuk 3D atau sketchup? 3D max berapa?

  3. Salim said, on Februari 20, 2008 at 7:56 pm

    minta vray untuk 3dmax 2008 dong

  4. ziegrusak said, on Februari 20, 2008 at 10:30 pm

    @ salim : ini vray untuk max 2008

  5. adi said, on Februari 23, 2008 at 1:44 pm

    sy baru nih, mohon petunjuk nya Master…..thx

  6. ziegrusak said, on Februari 25, 2008 at 1:47 pm

    @ adi : wahhh aku juga ga pinter-pinter banget kok…yaaa ala kadarnya aja, makanya mari kita belajar bareng hehehehehe….

  7. Wanhar said, on Maret 26, 2008 at 11:30 pm

    Mas..Tolong berikan saya vray yg up date.yhx

  8. ziegrusak said, on Maret 30, 2008 at 11:40 pm

    @ wanhar : yang update itu untuk vray for 3ds max berapa? max 9 ato max 2008?

  9. mpu said, on April 17, 2008 at 3:39 pm

    saya juga mas vray update for 3ds max 9 32bit, atau mas, punya linknya ?
    utk still image arsitektur lebih enak pakai apa ya mas, mental ray atau vray ?

  10. Indy said, on April 18, 2008 at 11:36 am

    wah, pas banget neh, sy lg belajar 3dmax vray ma hdri,, say mau nanya nih, bisa gak setingan hdri kita save, terus kalo dah d save, load nya gimana ya,….
    mohon petunjuknya ni mas…

  11. ziegrusak said, on April 23, 2008 at 7:22 pm

    @ mpu : ini link untuk vray max9
    untuk enak ga enak bingung juga ya, cuma sementara ini vray lebih populer digunakan terutama untuk rendering arsitektur karena fitur/fasilitas yang ditawarkan cukup komplit dan friendly, tapi kemaren aku sempet ngintip temen yang pake mental ray kayaknya oke juga tuh, apalagi untuk seri 3ds max yang baru, mental ray-nya mereka perbaharui dan bisa bersaing dengan vray, kalo kata aku sih, kita boleh belajar dua-duanya tapi tetap salah satunya harus kita lebih kuasai jadi kita punya spesialisasi di satu poin tanpa menutup kemungkinan menggunakan yang laen. eh render engine yang laen juga lebih oke loh, tergantung kebutuhan kita aja untuk apa…gudlak yaaa….

    @ indy : mmm…iya ya saya juga belum pernah nyoba nge-save settingan HDRI tuh, emang settingan apanya yang mau di save. perasaaan sih settingan HDRI kan gitu-gitu aja, kecuali kita mau meng-edit gambarnya kan menggunakan bisa menggunakan HDRI Shop yang cukup simple (download versi 1 dari link tersebut, tinggal isi formnya aja kok, gretong deh)
    mungkin temen-temen yang laen ada yang lebih menguasai tentang HDRI???

  12. Apink said, on April 27, 2008 at 5:00 am

    Mas Tolong donk… di situs mana saya bisa mendapatkan vray for sketchUp 6 Pro yang gratisan tanpa trial ? Thx

  13. ziegrusak said, on April 28, 2008 at 12:12 am

    @ apink : coba baca komentar-komentar di tulisanku tentang sketchup, di sana banyak link-link vray atau yang laennya

  14. beam1987 said, on Mei 3, 2008 at 12:26 am

    mas, saya baru belajar 3dmax. saya pake 3dmax 9.lalu saya mengetahui tentang V-ray, saya beli plugin nya yang bertuliskan ( Vray to 3dmax 9 ), tapi kenapa sewaktu saya instal kok gagal trus!!! saya pake windows vista, n bagaimana caranya instal 3d max? tolong kirim ke email saya y mas.saya terterik sekali dengan 3dmax dengan plugin vray.

  15. ziegrusak said, on Mei 5, 2008 at 7:58 pm

    @ beam1987 : kalo pake vista berarti harusnya yang dipake adalah 3ds max yang 64-bit, kalo anda install yang 32 bit pasti ngga mau, vray nya juga harus yang 64 bit. cara installnya sih biasa aja kok, sama ama yang laennya….cobain install yg 64-bitnya mudah-mudahan sukses deh….

  16. castle said, on Mei 6, 2008 at 2:55 am

    hi…. ikut namabahin ya….

    beam1987 ;.. vray di vista…. gak bisa di crarck maksudnya gagal itu…. coba masukin cracknya di safe mode mas…

    zie :… lam lenal….. walau pun udaha kenal lama :… kamana wae atuh bang pi’i
    blom tentu boss. kalo mau pake yg 64 bit,. semua nya harus support dulu,. mulai dari mainboardnya, prossesornya juga…… emang max 64 bit ok bangeut jalannya lumayan kenceng….so….. max ok ko buat di vista.

  17. castle said, on Mei 6, 2008 at 3:03 am

    hihihihih…. sori jadi lupa pi..

    gue baru liat blog elo…. keren thanks pi…
    hayo tambahin ama halaman galery nya dong… biar tambah asik sharing elmunya…
    gue kangen elo juga piii……. asli gue pengen jitak elo ;))
    maen ke rumah gue pi (kalo elo masih di bdg)…. sori jadi belatak in blog elo… kalo elo dah baca reply ini delete ya.. biar gak jadi kotor blog elo……thanks (jadi kangen ama inten :(()

  18. mpu said, on Mei 7, 2008 at 6:24 pm

    makasih mas atas ling dan inpormasinya, maunanya lagi nih, bagaimana cara ekspor impor dari sketchup ke 3dmax ya? aku kok nggak bisa he..he.. bodoh banget ya pertanyaannya

  19. Apink said, on Mei 9, 2008 at 12:12 am

    Thanks 4 U… kmaren udah dapat Vray nya. Knapa pasS ngeRender pke Vray efek cahaya N’ backGroundx yg disetting disktcUp kaga nongoLLL2 ?? apakah Vrayx yg perlu di setting… atw ada unsur lain yang mempengaruhi..?? MOHON tipsx dong… Atw mgkin ada tutor yg SIMPEL dr ente..N’ pren2 yg laen (klo nda ngerepotin send aja ke: brani_078485@yahoo.co.id) Se x Lg trims…

  20. ziegrusak said, on Mei 9, 2008 at 11:08 pm

    @ castle : wahh..wahhh…pendekar dari tanah priangan sebelah manakah yang mampir ke padepokan ane ini. waduh sori kalo gw maen ke rumah elo ntar pada benjol-benjol elo jitakin….mbung ahhh….wuakakakakakaka

    @ mpu : coba baca di sini sekedar trik simpel kerjaan ane

    @ apink : ini ngerender dimana nih??? 3ds max atau skethup?? klo misalnya udah setting di sketchup trus ekspor ke 3ds max dan render di sana, tentu saja settingannya ga kebawa bos…coba lebih diperjelas lagi….

  21. Apink said, on Mei 10, 2008 at 4:41 am

    oOh..soriii klo bgtu. Sy ngerender pke Vray yg diinstal disktcUp 6 (maklum br bljar pke Vray nihhh..). So.. setting bckGroundx sy gunakan gmbr/JPG, pas dirender hasil bckGroundx warna biru doang yg muncul. Thx

  22. Apink said, on Mei 10, 2008 at 6:26 am

    1 lg nih.. >Bang ZIEG atw (pren2..yg lain) punya SN for Vray sktcUp?? Soalnya saat ini hnya pke yg free trial 30 day.. Thx..Thx..Thx..

  23. ROnni said, on Mei 11, 2008 at 1:50 am

    Saya udah coba pake V-Ray nya, hasilnya lumayan bagus

  24. mushlie said, on Mei 11, 2008 at 5:06 pm

    sory om PI’i,,sy cuma bisa ambil ilmu,,lom bisa sharing…hehhehehe…maklum orang gunug masi jongkok pengetahuannya…sukses for komiu..salam for yang laen…thx be4..

  25. ziegrusak said, on Mei 12, 2008 at 1:54 am

    @ apink : ini link donlot vray for sketchup yang full, mudah-mudahan tidak broken link.
    mungkin ga settingan lighting-nya over bright??
    atau kalo mo lebih mudah coba ubah material dari sketchupnya menjadi vray material dengan cara klik kanan pada obyek kemudian ubah material jadi linked vray material, cek dan pastikan path gambar JPG yang digunakan untuk background sudah benar

    @ ronni : yupp…tetap berlatih biar semakin teruji dan oke…

    @ mushlie : sama-sama ponakan hehehehe…orang gunung tidak berarti jongkok pengetahuannya, asal mau belajar media internet tidak membatasi ruang dan waktu, salam juga buat teman-teman bumi kaktus

  26. Apink said, on Mei 12, 2008 at 1:01 pm

    banG.. Vray-SU yg full sdh brhsil ter donlot.. Thanks ya.. for link N’ ilmu-nya. . Salut 4 n’te!! Smoga kbaikanx mendapat balasan dr Yang Maha Kuasa… ..Amin.

  27. bo2y said, on Mei 17, 2008 at 5:44 pm

    he..he..he.. tok..tok..tok.. permisiiii…. k.rof numpang nanya nih… g mana cara ngerender pake Vray supaya bagus k rof.

  28. ziegrusak said, on Mei 20, 2008 at 8:49 pm

    @ apink : sama-sama aminn… semoga belajarnya tambah rajin biar lebih banyak “musuh” bermain 3d jadi lebih banyak juga “lawan tanding” berbagi ilmu 3d hehehhehe…

    @ bo2y : ah elu bob, nanyanya ga bikin keringetan hahahaha…..dimana bob, bandung ato batam? ntar kalo kursus online via YM aja biar bisa lebih terperinci hehehehhe bukannya dari dulu nanya lu mah

  29. bo2y said, on Mei 22, 2008 at 9:20 am

    thanks k rof, boby lg di batam, boby mau belajar vray euy…. soalnya di kantor ga ada yang bisa 3dmax, ajarin ya k rof.

  30. Lenny said, on Mei 22, 2008 at 10:43 am

    mas…saya mau download vray di web apaan yah..yang gratis gitu….oh iya ajarin dong,,hehehe

  31. ziegrusak said, on Mei 22, 2008 at 7:13 pm

    @ bo2y : halah-halah…makanya dari dulu klo dibilangin teh nurut atuh (sambil jewer kuping) hehehehe….oke ntar kita belajar bareng ya

    @ lenny : donlot vray apa? for 3ds max? max9? max2008? ato max2009? coba baca komen-komen di atas, ada beberapa link untuk donlot vray, kalo ga coba liat komen-komen di tulisanku tentang sketchup, disana juga banyak link donlot vray…oke sekalian aja kita belajar bareng yaaa

  32. bo2y said, on Mei 24, 2008 at 10:01 am

    aduuuh.. atit… dijewer, siap k rof… tp kapan belajarnya, boby disuruh bikin animasi jembatan, si bos mau presentasi, kalo buat animasi pake vray berat, kayak boby sekarang beratnya 75 kg “ndut” he..he..hee.., (DITUNGGU)

  33. JR said, on Mei 31, 2008 at 12:36 pm

    mas vray max 2008 masih trial ya ..ada stamp di imagenya…
    udah tak coba pake aspirin jadi lambat.
    mohon pencerahannya ?

  34. ziegrusak said, on Mei 31, 2008 at 2:45 pm

    @ bo2y : ahh dasar lu bob, tambah ndut aja kalo pulang hahahahhahaha

    @ JR : ga juga kok, aku juga sekarang pake 3ds max 2008 + vray tapi oke-oke aja tuh…
    hhmmm….ntar aku kirimin link yang fullnya deh

  35. Radit said, on Juni 17, 2008 at 5:35 am

    Nuwun sewu mas….Saya bener2 baru di dunia 3d…aq mo nyoba ngrender pake v ray…pi kok gagal truss ya…udah bli beberapa buku buat blajar sih,pi gagal truss…bisa ajarin gak prosesnya….!!!!Matur nuwun :)

  36. yud said, on Juni 18, 2008 at 9:21 am

    mas saya pengen belajar rendering vray 3d max dong. tapi saya sama skali belom th apa2.

  37. ziegrusak said, on Juni 19, 2008 at 8:10 pm

    @ radit : mmmhh….selamat datang di dunia 3d hehehehe…. boleh tau ga, yang dimaksud gagal itu yang kayak gimana?? biar bisa lebih jelas ngebahasnya….

    @ yud : ooohhh…monggo…mangga..silahkan belajar vray, yang rajin dan sering latihan ya biar jadi oke dan semakin banyak pendekar 3D indonesia hehehehe….banyak kok tutorial vray mulai dari yang basic sampe advance, coba nanya ke om google, pasti jawabannya oke punya tuh hehehehe….

  38. putra said, on Juni 21, 2008 at 11:04 am

    mas diman asaya bisa download vray untuk 3dmax7 tolong kasih linknya

  39. Loetfi, said, on Juni 23, 2008 at 2:43 pm

    mas kerenn n abis ni acaranya kyk agustusan.gw mo tanya gmn ngerender eksterior pake vray bisa buuagus n fantastis.pengaturan pencahayaan n karakter2 materialnya juga butuh masukan mas …..maklum hasil renderku krg bagus mas.komputer udah mumpuni sh klu bwt vray.thank banget mas.oiya klu mau memperdalam ilmu 3d n vray untuk arsitektur dmn mas n biayanya berapa?

  40. ziegrusak said, on Juni 23, 2008 at 10:20 pm

    @ putra : nih link untuk donlot vray RC3 untuk max 6/7/8

    @ loetfi : wahhh acara apaan tuh??? kok ga ngajak-ngajak yaaa hehehehe….
    cara pertama yang paling gampang adalah coba ikutin tutorial/pembahasan dari orang laen, ikutin langkah-langkahnya dan juga settingannya.
    kemudian jangan lupa harus sering berlatih dan mencoba biar semakin teruji dan lancar sampe dapat/bisa bikin setting sendiri sesuai dengan kebutuhan kita, apalagi kalo komputernya udah support, kurang apa algi tuhh hehehehehe
    kalo mau belajar sendiri juga gampang kok (seperti langkah di atas) atau kalo emang sering online, coba donlot tutorial-tutorial di internet (banyak banget deh) trus pelajari dan coba serta latihan, aku dulu juga begitu tapi kalo mau kursus perasaan sih sekarang banyak tempat kursus 3ds max + vray untuk arsitektur, kalo masalah biaya, waaahhhh kurang tau tuh hehehehehe….ntar deh aku mau bikin kursus online gretongan kekekekekeke

  41. putra said, on Juli 3, 2008 at 2:55 pm

    thnk yah
    matur nuwun master

  42. bedjo said, on Juli 7, 2008 at 8:54 am

    Mas, saya pingin belajar 3Dmax juga donk…..
    Mas mao tanya, kalo utk PC dual core dan memory 512 Mb cocoknya pake 3Dmax versi berapa n Vray nya jg?
    tolong sekalian link untuk donlotnya ya mas….
    thanks buanget…….. Gusti sing mbales…

  43. adyza said, on Juli 9, 2008 at 12:01 am

    salam kenal semuanya….mas, tolong donk bagi vray for max 8 ny???saya pake windows vista nh..pleasssssseee. sy coba download dlaen trus diinstal selalu ga bs..tolongin donkkk
    makash y

  44. rhieka said, on Juli 9, 2008 at 2:22 pm

    mas blognya bagus banget neh…saya minta vraynya ya yang buat max 9. makasih ya mas..
    lagi blajar juga neh..minder ga bisa 3d.hehehe

  45. bangjay said, on Juli 10, 2008 at 3:52 pm

    can im join’t??
    ehem……
    saya mahasiswa arsitek, ehm….. tolong dong bantuin saya..
    saya pemula, baru saja bisa menggunakan sketchup, autucad 3d juga bisa, max baru muali belajar..
    klo v-ray saya biasa pake buat sketchup aja, ada gag saran buat saya

    tank’s b4..

  46. awang said, on Juli 11, 2008 at 6:40 pm

    mas minta vray untuk max 7 donk
    TQ

  47. ziegrusak said, on Juli 11, 2008 at 10:09 pm

    @ putra : sama-sama

    @ bedjo : 3ds max lebih membutuhkan spek komputer dengan prosessor dan memory yang lebih, jd kalo ada rejeki cob anabung di dua komponen itu. untuk belajar 3ds max dengan spek anda mungkin bisa pake 3ds max 6 atau 7, toh sebenarnya versi barunya juga ga beda jauh alias secara prinsip masih sama aja. untuk link donlot vray coba liat komen-komen di atas….gudlak yaaa

    @ adyza : pake windows vista beneran yang 64 bit atau cuma tampilan/style?? karena secara prinsip pasti beda 64 bit dan 32 bit

    @ rhieka : thanks..itu coba baca komen-komen di atas, ada kok link untuk untuk vray 6, 7, 8, 9 bahkan 2008
    kenapa harus minder belajar?? proses mah udah biasa atuh, dulu (bahkan sampai sekarang) aku juga bisanya gitu-gitu aja kok hehehehehe….ayoo-ayooo semangat

    @ bangjay : why not?? siapa aja boleh join, komen, nanya, marah-marah atau apapun yang penting bisa sama-sama maju dan belajar 3d hehehehe…
    kalo mau belajar lebih baik satu per satu aja dulu, jd bisa lebih konsen mempelajarinya (baik itu sketchup, autocad ataupun 3ds max) dan yang paling penting sering-sering latihan biar lebih lancar. mungkin untuk pertama-tama ikutin aja tutorial dari orang-orang yang lebih jago, trus sering mencoba dan latihan sampai bisa menemukan metoda atau settingan sendiri karena biasanya tiap orang mempunyai ketertarikan dan kebiasaan yang berbeda biarpun nanti hasilnya sama…gudlak yaaa

    @ awang : coba liat-liat komen di atas, link-linknya udah ada semua kok

  48. NOEK said, on Agustus 12, 2008 at 10:05 am

    ZIEGRUSAK YG GANTENG DEWE SE INDONESIA- GUE NANYA NIH WEB/BLOG GAMBAR 3D MANUSIA EN POHON YANG BISA DI DONLOAD GRATIS(SMACEM rpc TAPI GRATIS) ……TENKYU PERI MUCH

  49. sumitomo said, on Agustus 13, 2008 at 9:22 am

    mas..dimana bisa mendapatkan vray utk xp 64 bit..

  50. MoelYadi said, on Agustus 14, 2008 at 3:13 pm

    Salam kenala ah… baru buka2 nich, bicara soal vray… saya juga lagi cari2 trial version vray max 8 kok belum nemu2, mas bisa kasih tahu link yang bisa download langsung?
    Setiap asya buat gambar pakai fasilitas standard tapi bosen ngeliatnya flat..gitu.

    Nah…gaptek nich baru mau belajar tentang Vray…. kasih jalan dong…. untuk dapat douwnload tutorial seputar vray….

    salam

  51. ziegrusak said, on Agustus 15, 2008 at 1:26 am

    @ noek : kok tau kalo daku ganteng dewe se indonesia hahahahahahaha….. soal library itu jujurnya aku juga kurang tau (kalo sejenis rpc) tapi kalo cuma image biasa aku yakin banyak banget deh di dunia maya, atau coba searching ama om google

    @ sumitomo : vray yang versi berapa ini? untuk 3ds max berapa?

    @ moelyadi : salam kenal juga ah…nah loh coba komen-komen di atas, ada kok aku kasih link untuk donlot vray for max 8 tuh…kalo tutorial coba tanya ama om google pasti banyak banget deh, dijamin sampe pusing sendiri hehehehehe

  52. fikky said, on Agustus 21, 2008 at 1:59 pm

    mas kasih link untuk download hdri untuk vray for sketchup donk!!!!!


Komentar ditutup.

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: